Demokrat Duga Penguasa Sedang Operasi Politik, Bamsoet Salah Satu 'Pion'

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 10 Desember 2022 | 19:53 WIB
Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani/ Instagram
Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani/ Instagram

SinPo.id - Partai Demokrat menduga pernyataan Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang menyinggung tiga periode pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) titipan dari penguasa. Apalagi, isu yang sama juga digaungkan Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti setelah pernyataan Bamsoet jadi polemik.

"Kuat dugaan pernyataan Bamsoet yang terbaca sebagai bentuk dukungan pada perpanjangan masa jabatan Presiden atau Jokowi 3 periode adalah titipan dari penguasa, mengingat belum lama berselang Ketua DPD RI Pak La Nyalla juga memberikan pernyataan yang senada," kata Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani melalui keterangan tertulis, Jakarta, Sabtu, 10 Desember 2022.

Kamhar khawatir jika dugaan itu benar adanya, maka target operasi politik penguasa jelas mengarah ke pimpinan lembaga tertinggi negara agar mendukung perpanjangan masa kekuasaan tersebut.

"Ini menjadi pembegalan demokrasi dan pengkhianatan reformasi," tegas dia.

Kamhar bahkan mengajak pegiat demokrasi wajib mencurigai operasi politik ini. Terlebih, aktor yang menggaungkan pemerintahan tiga periode adalah figur di lingkaran kekuasaan.

Sosok yang disebut Kamhar antara lain, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dengan klaim bigdata-nya. Lalu, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia yang mengatasnamakan investasi sebagai justifikasi perpanjangan masa jabatan.

"Ini menjelaskan bahwa Pak Jokowi tak pernah bersungguh-sungguh akan menyelesaikan jabatan presiden hanya 2 periode saja sebagaimana diperintahkan konstitusi. Selalu mencari cara untuk melanggengkan kekuasaan," kata Kamhar.

Partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini mengingatkan Jokowi untuk taat asas. Bahkan, Jokowi diminta tak menjadi 'Malinkundang' reformasi dan membunuh demokrasi.

Di sisi lain, Demokrat yakin Ketua DPR RI Puan Maharani tak akan terpengaruh dengan operasi politik tersebut. Apalagi, hasil dari berbagai survei jelas masyarakat menolak perpanjangan masa jabatan ini.

"Sebagai wakil rakyat sebaiknya Bamsoet jangan pernah berniat apalagi bertindak menghianati rakyat," tegas dia.sinpo

Komentar: