DPR Minta Pemerintah Fokus Pulihkan Ekonomi Korban Gempa Cianjur

Laporan: Juven Martua Sitompul
Minggu, 11 Desember 2022 | 05:52 WIB
Anggota Komisi VIII DPR RI Abdul Wachid/ Dok. DPR
Anggota Komisi VIII DPR RI Abdul Wachid/ Dok. DPR

SinPo.id - Anggota Komisi VIII DPR RI Abdul Wachid berharap penanganan gempa di Cianjur, Jawa Barat (Jabar), tak hanya berfokus pada pemulihan fisik wilayah. Pemerintah diminta pulihkan ekonomi para korban.

"Yang penting pascagempa ini adalah bagaimana mengangkat ekonomi warga yang terkena bencana," kata Abdul kepada SinPo.id, Jakarta, Sabtu, 10 Desember 2022.

Menurut Abdul, sejumlah program jitu harus disiapkan pemerintah guna membangkitan ekonomi para korban. Pemulihan ekonomi dinilI instrumen penting bagi para korban bencana alam.

"Bagaimana mereka bangkit lagi, itu sangat penting," ujarnya

Di sisi lain, Politikus Gerindra ini menyambut baik langkah cepat pemerintah dalam membangun rumah tahan gempa. Apalagi, berdasarkan letak geografis Indonesia rentan terkena bencana.

"Di daerah kita itu sudah banyak gempa bumi, hampir setiap tahun ada, maksud saya ini pemerintah sebaiknya melakukan. Salah satunya terkait pembangunan rumah gempa saya sangat setuju, seperti Jepang sudah melakukan itu," kata dia.

Tak hanya itu, dia menilai pelatihan penanganan bencana juga perlu digencarkan pemerintah hingga ke wilayah pelosok. Negara harus siap menghadapi kemungkinan terburuk dari letak geografis tersebut.

"Kembali ke persiapan, persiapan sumber daya manusianya, artinya dilakukan pelatihan, itu sangat penting. Termasuk juga RS yang benar-benar disiapkan untuk itu," ujarnya.

Terakhir, dia ingin pemberian bantuan benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan korban bencana. Sehingga, tidak ada lagi bantuan yang tumpang tindih karena berlebihan.

"Korban sekarang yang penting, pascagempa ini kadang-kadang lengah, orang di saat ada musibah ramai-ramai membantu tapi tidak efektif. Kalau bantuan beras, beras semua, padahal kan kebutuhannya macam-macam, pakaian, sembako, dan lain-lain," ucap dia.sinpo

Komentar: