Pastikan Jajanan Aman, Heru Canangkan Sertifikasi Kantin Sehat Sekolah

Laporan: Zikri Maulana
Rabu, 14 Desember 2022 | 11:33 WIB
Proses sertifikasi kantin sekolah/PPID Jakarta
Proses sertifikasi kantin sekolah/PPID Jakarta

SinPo.id -  Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono membuka pencanangan kegiatan sertifikasi kantin sehat sekolah di SDN 03 Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara. Hal ini, untuk memastikan jajanan di sekolah aman dan bergizi cukup untuk pelajar. 

Heru . Salah satunya yaitu melalui Percepatan Sertifikasi Kantin Sehat dan Pemberdayaan Duta Pangan Sekolah di lingkungan Jakarta Utara. 

"Kesehatan peserta didik di lingkungan sekolah merupakan tanggung jawab kita bersama. Ini merupakan tugas kita untuk melakukan pengawasan dan pembinaan agar lingkungan sekolah aman bagi peserta didik," kata Heru dalam keterangannya, Rabu 14 Desember 2022. 

Heru juga menyampaikan apresiasi kepada Walikota Jakarta Utara, Dinkes, dan Disdik yang telah menindaklanjuti arahan untuk memastikan jajanan pelajar yang sehat. Ke depannya, kata dia, Kantin Sehat Sekolah ini nantinya bakal diperluas di beberapa sekolah yang ada di Jakarta. 

"Kami juga sampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terwujudnya Kantin Sehat Sekolah. Saat ini  dimulai dari Jakarta Utara (SDN 03 Kamal Muara). Untuk selanjutnya agar diperluas ke Kota/Kabupaten Administrasi lainnya," kata Heru. 

Sementara itu, menurut Kepala Dinkes DKI Jakarta, Widyastuti, kurangnya penanganan dan pengawasan keamanan pangan dapat meningkatkan angka kesakitan dan gangguan pertumbuhan pada anak sehingga mengganggu efektivitas belajar. 

"Kami berusaha melakukan upaya untuk menjaga kualitas pangan di lingkungan sekolah dengan melakukan edukasi dan sosialisasi, sehingga terlaksana Kantin Sehat Sekolah, dilanjutkan dengan menetapkan Duta Keamanan Pangan dengan melibatkan semua unsur masyarakat sekolah yang bertugas melakukan pembinaan dan pengawasan kualitas makanan di lingkungan sekolah," katanya. 
 sinpo

Komentar: