Pengamat Nilai Pemilihan Nomor Urut yang Sama Berdampak Positif bagi Parpol

Laporan: Sinpo
Rabu, 14 Desember 2022 | 22:11 WIB
Ilustrasi parpol/ Rumah Pemilu
Ilustrasi parpol/ Rumah Pemilu

SinPo.id - Seluruh partai politik (parpol) yang akan berlaga di Pemilu 2024 telah memiliki nomor urut. Total ada 17 partai yang akan berlaga pada pesta demokrasi lima tahunan itu.

Parpol yang memiliki kursi di parlemen mayoritas memilih nomor yang sama dengan Pemilu 2019 lalu.

Peneliti Indikator Politik Indonesia (IPI) Bawono Kumoro menilai, pemilihan nomor urut yang sama memiliki sejumlah dampak positif. Salah satunya yakni mempermudah sosialisasi ke masyarakat.

"Menggunakan nomor urut lama saat Pemilu tahun 2019 memang lebih memudahkan dalam hal melakukan sosialisasi," ujar Bawono dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 14 Desember 2022.

Nomor urut yang sama, kata Bawono, juga akan memangkas biaya kampanye secara signifikan. Pasalnya, partai tak perlu membuat alat peraga baru.

"Juga akan menghemat anggaran. Partai tidak perlu membuat baru dalam jumlah besar alat peraga bagi kebutuhan sosialisasi," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi mengumumkan nomor urut partai politik (Parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, pada Rabu malam, 14 Desember 2022. Penetapan tersebut setelah dilakukan pengundian nomor oleh delapan partai non parlemen yaitu partai Buruh, PSI, PBB,  Garuda, PKN, Hanura; Gelora; dan Perindo, serta satu partai parlemen PPP.

Sementara itu delapan partai parlemen tetap menggunakan nomor lama seperti saat menjadi peserta pemilu tahun 2019. Partai tersebut yaitu PDIP; Gerindra; Golkar; NasDem; PKB; Demokrat; PPP;  PAN dan PKS.

"Demikian rapat pleno terbuka parpol peserta pemilu 2024," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di kantornya, Rabu, 14 Desember 2022 malam. 
 sinpo

Komentar: