Heru Imbau Warga Bijak Gunakan Air Bersih

Laporan: Zikri Maulana
Jumat, 16 Desember 2022 | 11:45 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakara, Heru Budi Hartono (SinPo.id/Zikri Maulana)
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakara, Heru Budi Hartono (SinPo.id/Zikri Maulana)

SinPo.id -  Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakara, Heru Budi Hartono mengimbau warga bijak menggunakan air bersih yang disalurkan oleh layanan perusahaan air minum (PAM) Jaya. hal itu disampaikan Heru saat meninjau Inovasi Pembangunan Reservoir Komunal di Kampung Nelayan Marunda, di kampung Marunda Kepu, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat pagi 16 Desember 2022. 

"Kepada warga Marunda Kepu, saya berpesan untuk selalu memelihara fasilitas pelayanan air ini dan menggunakan air bersih dengan bijak sesuai kebutuhan," ujar Heru.

Inovasi pembangunan reservoir komunal atau ground water tank ini merupakan respons cepat atas kebutuhan air bersih warga Marunda Kepu. Heru mengatakan, saat ini warga sudah dapat merasakan manfaat hadirnya reservoir komunal ini, yakni tersedianya suplai air di wilayah tersebut. 

"Pembangunan reservoir komunal atau ground water tank merupakan inovasi dan solusi pemenuhan kebutuhan air bersih bagi warga Marunda Kepu," kata Heru menambahkan.

Ia mengapresiasi PAM JAYA dan semua pihak yang telah bekerja sama meningkatkan pelayananan ketersediaan air bersih hingga ke ujung wilayah Jakarta.

Heru menegaskan Pemprov DKI Jakarta melalui PAM Jaya bakal terus berupaya untuk merealisasikan pemenuhan 100 persen kebutuhan air minum perpipaan bagi seluruh warga Jakarta pada tahun 2030 mendatang. 

"Salah satunya, dengan melakukan pembangunan perpipaan sepanjang 4.000 kilometer yang akan dibangun secara bertahap dalam dua tahun ke depan (2023-2024)," katanya. 

Direktur Utama PAM Jaya, Arief Nasrudin, menjelaskan inovasi pembangunan reservoir komunal disertai booster pump di dekat pemukiman warga telah menjadi solusi atas kebutuhan air warga Marunda Kepu, Jakarta Utara. 

Saat ini, suplai air di wilayah tersebut telah normal, bahkan hingga ke rumah yang berada di ujung permukiman. Reservoir komunal ini adalah upaya PAM Jaya dalam memberikan kedaulatan air bagi seluruh warga Jakarta, dengan target 100 persen cakupan pelayanan pada 2030. 

"Prinsipnya, kami membuat penampungan air di dekat permukiman. Setelah air terisi penuh, kemudian kami memompanya ke rumah-rumah warga. Reservoir komunal ini terbukti berhasil. Sehingga, solusi ini akan diterapkan di beberapa wilayah dengan tekanan air kecil lainnya di Jakarta," kata Arief. sinpo

Komentar: