Pak Bowo Bahas Program Pelatihan Pilot Jet Tempur untuk TNI AU dengan Menhan Prancis

Laporan: Bayu Primanda
Jumat, 16 Desember 2022 | 12:44 WIB
Kebersamaan Prabowo dengan Menhan Prancis/Tim Media
Kebersamaan Prabowo dengan Menhan Prancis/Tim Media

SinPo.id -  Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Menteri Angkatan Bersenjata Prancis Sébastien Lecornu melakukan pertemuan bilateral di Hôtel de Brienne, Prancis, Kamis, 15 Desember 2022.

Salah satu agenda yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah program pelatihan untuk para pilot jet tempur TNI Angkatan Udara (TNI AU).

Hal ini menjadi penting lantaran kekuatan tempur Indonesia akan diperkuat dengan kehadiran jet tempur Rafale, sehingga para pilot TNI AU harus dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan untuk mengawaki jet tempur generasi 4,5 asal Prancis tersebut.

“Selain kerja sama di bidang alutsista, kedua negara memang telah berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama pertahanan di bidang pelatihan dan pendidikan,” kata Prabowo.

Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI dan Dassault telah menandatangani kontrak pembelian enam pesawat tempur Rafale pada Februari 2022. Ini merupakan awal dari kontrak yang lebih besar untuk pembelian 36 pesawat tempur Rafale berikutnya.

Indonesia dan Prancis telah menjalin kerja sama pertahanan sejak tahun 1950. Namun, status hubungan bilateral di bidang pertahanan itu telah berada pada status tertinggi sejak tahun 2021, dengan ditandatanganinya dokumen Persetujuan Kerja sama Pertahanan _(Defence Cooperation Agreement)_ untuk memperkuat serta memperluas cakupan kerja sama pertahanan kedua negara.

Prabowo mengapresiasi capaian tersebut dan menyebut Prancis sebagai negara sahabat yang penting dalam kerangka bilateral di bidang pertahanan.sinpo

Komentar: