Pak Bowo Dorong Perwira dan Bintara TNI Tempuh Pendidikan di Prancis

Laporan: Bayu Primanda
Jumat, 16 Desember 2022 | 12:40 WIB
Prabowo Subianto bertemu Menhan Prancis/Tim Media
Prabowo Subianto bertemu Menhan Prancis/Tim Media

SinPo.id -  Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu Menteri Angkatan Bersenjata Prancis, Sebastien Lecornu di Hotel de Brianne, Prancis, Kamis, 15 Desember 2022. Penguatan kerja sama bidang pertahanan menjadi agenda utama keduanya.

Pertemuan tersebut turut membahas mengenai peluang bagi perwira dan bintara TNI untuk menempuh pendidikan di akademi bersenjata di Prancis dalam kerangka pertukaran siswa dan latihan.

Prabowo mendorong agar perwira dan bintara TNI dapat menempuh pendidikan di sana untuk meningkatkan kapasitas SDM pertahanan.

"Perlu peningkatan kapasitas sedari dini untuk menyiapkan para pemimpin TNI di masa mendatang," ujar Prabowo.

Prabowo mengatakan kerja sama pertukaran siswa dan latihan ini penting untuk meningkatkan hubungan antar personel kedua negara dan people to people contact.

“Dan ini penting bagi Prancis yang sedang membangun kultur Indo-Pasifik di militernya,” kata Prabowo.

Bertandangnya Prabowo ke Prancis merupakan kunjungan balasan, setelah sebelumnya Lecornu menyambangi Kementerian Pertahanan RI di Jakarta, Jumat, 25 November 2022.

Melalui cuitan di akun twitter pribadinya, Lecornu mengaku gembira dapat kembali membahas sejumlah langkah sektor pertahanan kedua negara bersama Prabowo.

"Tiga minggu setelah pertemuan terakhir kita di Jakarta, saya dengan gembira menerima giliran saya sebagai menteri untuk menerima kunjungan Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto. Kami telah mengonsolidasikan visi dan misi bersama kami di bidang keamanan dan stabilitas di Indo-Pasifik," tulis Lecornu melalui akun twitter-nya @sebLecornu.sinpo

Komentar: