Elon Musk Cabut Penangguhan Akun Twitter Sejumlah Jurnalis yang Pernah Diblokir

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 18 Desember 2022 | 09:22 WIB
Elon Musk/Sky News
Elon Musk/Sky News

SinPo.id -  Elon Musk telah mencabut penangguhan akun Twitter beberapa jurnalis yang telah dia blokir setelah jajak pendapat kedua dengan dua pilihan, mempertahankan penangguhan selama tujuh hari, atau segera mencabut penangguhan tersebut.

Namun, hampir 3,7 juta suara atau 58,7 persen pengguna memilih agar Musk mencabut larangan menggunakan Twitter terhadap sejumlah jurnalis yang dianggap melanggar aturan baru Twitter, tentang mengungkap identitas orang dan lokasi.

"Orang-orang telah berbicara," cuit Musk dalam akun Twitternya, dilansir dari The Guardian, Minggu 18 Desember 2022.

Sebelumnya, Musk menangguhkan sekelompok jurnalis teknologi dari situ tersebut, termasuk Ryan Mac dari New York Times, Drew Harwell dari Washington Post, dan Donie O'Sullivan dari CNN.

Ketiganya diklaim telah melanggar aturan, padahal sebenarnya mereka belum lama ini menerbitkan artikel dengan menulis data yang tersedia untuk umum tentang pergerakan jet pribadi Musk.

Namun artikel yang ditulis oleh beberapa reporter sebelum akun mereka ditangguhkan tidak menyertakan informasi mengenai lokasi real-time Musk, atau lokasi salah satu anggota keluarganya.

Penangguhan akun wartawan yang meliput Musk tersebut, langsung dikecam secara luas oleh majikan mereka, organisasi media lain, Uni Eropa, hingga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Kasus tersebut telah membuat Twitter kacau.sinpo

Komentar: