Diplomasi Pak Bowo ke Luar Negeri, Bawono Kumoro : Presiden Tak Salah Menunjuk

Laporan: Sinpo
Selasa, 20 Desember 2022 | 08:44 WIB
Pertemuan Prabowo dengan Menhan Prancis (SinPo.id/Ist)Media
Pertemuan Prabowo dengan Menhan Prancis (SinPo.id/Ist)Media

SinPo.id -  Diplomasi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto atau Pak Bowo ke luar negeri untuk sektor pertahanan disebut sebagai salah satu langkah presiden Joko Widodo tak salah menunjuk ketua umum partai Gerindra itu.

Pak Bowo dinilai menjalankan amanah dan tugas sebagai menteri pertahanan yang sangat aktif bertemu dan berkomunikasi dengan berbagai negara maju dalam rangka menjajaki kerjasama modernisasi Alutsista

“Ini menunjukkan kapasitas Prabowo sebagai menteri pertahanan tidak perlu diragukan lagi. Tidak salah memang keputusan dari Presiden Joko Widodo menunjuk ketua umum Partai Gerindra tersebut mengisi kementerian pertahanan,” kata peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro, Selasa, 20 Desember 2022.

Menurut Bawono, tak mengherankan jika temuan survei Poltracking November lalu menunjukkan keberadaan dan kinerja Pak Bowo sebagai menteri pertahanan memperoleh apresiasi baik atau positif dari publik.

“Secara tidak langsung itu juga menunjukkan Pak Bowo sebagai menteri pertahanan dilihat publik memiliki kontribusi sangat positif terhadap keberlangsungan jalan pemerintahan,” kata Bawono menambahkan.

Ia menjelaskan secara baik jika kapasitas kemepimpinan itu kemudian ditingkatkan lebih tinggi dalam jabatan kepresidenan. “Maka boleh jadi akan membuat Indonesia jauh lebih baik di masa depan,” kata Bawono menjelaskan.

Tercatat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu dengan Menteri Angkatan Bersenjata Perancis Sébastien Lecornu di Paris, Kamis pekan lalu. Dalam pertemuan tersebut, kedua menteri membahas penguatan hubungan strategis di sektor pertahanan, antara lain terkait pendidikan dan industri pertahanan.

Tak hanya ke Prancis, Pak Bowo juga menjalin diplomasi ke sejumlah negara lain untuk missi yang sama.sinpo

Komentar: