Senayan Bakal Bawa Temuan Dugaan Kecurangan Pemilu ke Rapat

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 20 Desember 2022 | 11:07 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Komisi II DPR RI di Senayan bakal membawa temuan dugaan kecurangan penyelenggara pemilihan umum atau Pemilu ke rapat dengar pendapat (RDP). Persoalan ini dianggap masalah serius yang harus diselesaikan.

"Tadi bincang dengan beberapa kawan akan dibahas khusus dlm RDP berikut," kata anggota Komisi II Mardani Ali Sera kepada SinPo.id, Jakarta, Selasa, 20 Desember 2022.

Mardani mendorong semua pihak yang diduga terlibat dimintai keterangan terkait praktik kotor tersebut. Pengungkapan kasus ini menentukan integritas Pemilu 2024.

"Mesti dijawab oleh para pihak. Dasar pemilu kita jujur dan adil. Integritas pemilu sangat ditentukan oleh kasus ini," kata Mardani menambahkan.

Dia berharap temuan ini diusut secara tuntas, sedangkan semua nama-nama yang terlibat harus diberi ruang untuk mengklarifikasi tudingan. "Jika terbukti melanggar perlu diberi sanksi," kata Mardani menegaskan.

Sebelumnya Indonesia Corruption Watch (ICW) menemukan adanya indikasi kecurangan penyelenggara Pemilu di 12 kabupaten dan tujuh provinsi yang dalam verifikasi faktual partai politik.

Temuan ini merupakan laporan dari penyelenggara Pemilu di daerah dan masyarakat sipil kepada pos pengaduan yang dibuka oleh Koalisi Masyarakat Sipil Kawal Pemilu Bersih sejak pekan lalu.

 sinpo

Komentar: