Cegah Pelanggaran, Ketua Bawaslu Minta Jajaran Awasi Proses Rekrutmen PPS

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 20 Desember 2022 | 22:36 WIB
Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja /Bawaslu
Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja /Bawaslu

SinPo.id -  Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI Rahmat Bagja meminta seluruh jajaran mengawasi rekrutmen Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk mencegah terjadinya pelanggaran. KPU telah membuka rekrutmen PPS mulai 18 Desember 2022 hingga 4 Januari 2023.

"Seluruh jajaran (pengawas pemilu/Bawaslu,-red) harus melakukan pengawasan melekat. Ini sebagai upaya untuk cegah terjadinya pelanggaran," ucapnya dalam keterangan yang diterima, Selasa 20 Desember 2022.

Bagja mengakui tugas dan tanggung jawab pengawas memang tidak mudah. Selain melakukan pengawasan rekrutkmen PPS, jajaran pengawas juga akan melakukan seleksi Pengawas Kelurahan/Desa pada Januari 2023 mendatang.

"Kami harap rekan-rekan Bawaslu melakukan seleksi dengan benar. Tidak melanggar undang-undang dan peraturan yang berlaku," ujarnya.

Ia meminta seluruh jajaran untuk membuka kembali undang-undang Pemilihan Umum (Pemilu), Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) dan beberapa aturan pemilu lainnya yang berkaitan. 

Bagja menegaskan antisipasi tersebut bertujuan agar para pengawas pemilu paham dan mengerti hal apa saja yang harus dilakukan ketika menjalankan tugasnya sebagai lembaga pengawasan.

"Jika tidak paham bisa bertanya atau konsultasi kepada Bawaslu RI. Koordinasi dan hubungan baik lintas divisi harus dijaga. Harus bekerja sama dalam melakukan tugas-tugas pengawasan," tandasnya.sinpo

Komentar: