Tujuh Lokasi Perayaan Malam Tahun Baru di DKI

Laporan: Sinpo
Rabu, 21 Desember 2022 | 02:36 WIB
Ilustrasi perayaan tahun baru (tokopedia)
Ilustrasi perayaan tahun baru (tokopedia)

SinPo.id -  Perayaan malam tahun baru di DKI Jakarta digelar di tujuh lokasi. Ini merupakan perayaan tahun baru pertama setelah dua tahun pandemi COVID-19 melanda Indonesia.

"Nanti juga ada festival malam tahun baru di TMII dan juga ada di tingkat kota di lima wilayah kota dan satu kabupaten," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Andhika Permata di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa 20 Desember 2022.

Sejumlah lokasi menjadi area perayaan tahun baru, seperti di Jakarta Pusat terletak di Thamrin 10, lalu Jakarta Utara dan Jakarta Barat masing-masing di kantor wali kota. Kemudian, Jakarta Selatan di Setu Babakan, Jakarta Timur di Old Shanghai Cakung, dan Kepulauan Seribu di Pulau Untung Jawa. Lalu, puncak kegiatan malam tahun baru digelar di TMII.

Nantinya, pihaknya akan menyediakan panggung di setiap lokasi yang akan diisi oleh pertunjukan berbagai genre musik. Di samping itu, Pemprov DKI Jakarta juga menerapkan car free night (CFN) di sepanjang kawasan Sudirman-MH Thamrin pada pukul 20.00-02.00 WIB.

"Kemudian nanti rencananya juga pada tanggal 31 akan ada car free night, nanti treatment-nya akan disampaikan Pak Kadishub dan Satpol PP, yang jelas nanti ada beberapa panggung yang akan didirikan dan panggung itu berjarak. Kenapa? Untuk menyebar crowd dengan baik dan masing-masing panggung ada genre musiknya," ucapnya.

Untuk perayaan Natal, pihaknya telah menyelenggarakan rangkaian Christmas carol sejak 19 Desember lalu. Rangkaian acara digelar di tiga titik, yakni Terowongan Kendal, Bundaran HI, serta Kota Tua.

"Kemudian lanjut nanti kita ada Jakarta Light Festival, itu satu atraksi instalasi lampu tempatnya di Taman Sumenep Promenade dan di Kota Tua. Jadi, instalasi lampu yang menggambarkan untuk semaraknya kota," tambahnya.

Untuk Monumen Nasional (Monas) bakal ditutup saat malam perayaan tahun baru 2023 mendatang. Meski begitu, Monas tetap akan dipasangi lampu-lampu untuk mempercantik ikon Kota Jakarta itu.

"Nanti (di,-red) Monas ada lampu, lighting-nya aja segala macam biar bisa buat foto-foto," kata Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa 20 Desember 2022. 

Heru tak menjelaskan secara rinci alasan kawasan Monas tak dibuka untuk umum selama tahun baru. Yang jelas, penutupan Monas saat tahun baru bukan hal baru.

"Tahun lalu juga nggak ada di Monas," jawabnya singkat.sinpo

Komentar: