Jelang Nataru, Dinkes DKI Buka Sentra Vaksinasi di Gereja dan Terminal

Laporan: Zikri Maulana
Rabu, 21 Desember 2022 | 15:08 WIB
Ilustrasi vaksin/ Pixabay
Ilustrasi vaksin/ Pixabay

SinPo.id - Dalam rangka persiapan menjelang libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru), Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta membuka layanan kesehatan gratis bagi masyarakat, seperti sentra vaksinasi yang dibuka pada 21-24 Desember 2022 di beberapa gereja di Jakarta. 

Kepala Dinkes DKI Jakarta, Widyastuti menyampaikan, untuk mendukung perayaan Natal, pihaknya bakal siapkan booth untuk vaksinasi di setiap gereja-gereja besar di tingkat kecamatan. 

"Sehingga masyarakat umum maupun jemaat yang sedang menyiapkan ibadah natal dapat segera melengkapi vaksinasi Covid-19-nya, termasuk booster kedua untuk mereka yang sudah berusia 60 tahun ke atas,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu, 21 Desember 2022. 

Selain di gereja-gereja besar, layanan vaksinasi juga dibuka di 44 puskesmas kecamatan dan tempat-tempat umum seperti mal dan taman yang mudah diakses. Layanan vaksinasi ini juga melayani masyarakat pada sore dan malam hari, yakni pada pukul 16.00-20.00 WIB pada hari kerja maupun akhir minggu. 

Untuk itu, Widyastuti turut mengimbau kepada masyarakat untuk melengkapi vaksinasi sesuai ketetapan pemerintah demi memastikan kesehatan masyarakat terus terjaga. 

“Masyarakat yang belum lengkap vaksinnya kami imbau untuk segera melengkapi vaksinasinya. Bahkan untuk warga yang telah berusia 60 tahun ke atas saat ini telah dapat menerima vaksinasi Covid-19 dosis ke-4 atau booster kedua," katanya. 

Sesuai dengan Surat Edaran (SE) satgas terakhir, kata Widyastutu, untuk perjalanan dalam negeri tidak perlu melakukan antigen dan PCR asalkan sudah melengkapi vaksinnya. 

Lebih lanjut, sebagai langkah deteksi dini, Dinas Kesehatan DKI juga mengimbau bagi masyarakat jika bergejala batuk, pilek, demam, atau sakit tenggorokan, agar segera melakukan pemeriksaan antigen/PCR yang bisa dilakukan secara gratis di seluruh puskesmas kecamatan DKI Jakarta. 

"Kewaspadaan terhadap Covid-19 ini perlu terus dipertahankan apalagi pada mereka yang berusia 40 tahun ke atas atau mereka yang memiliki penyakit komorbid, karena berisiko lebih besar untuk mengalami gejala berat jika tertular Covid-19," tuturnya. 

Selain itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan penyakit tidak menular dan vaksinasi Covid-19 secara gratis di terminal antarkota DKI Jakarta pada 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023, pukul 10.00-15.00 WIB.

Adapun beberapa terminal yang dibuka tempat pemeriksaan dan vaksinasi di antaranya, Terminal Pulogebang (Gedung C lantai 2, depan klinik), Terminal Kalideres, Terminal Kampung Rambutan, dan Terminal Tanjung Priok (Lantai 2). 

“Pemeriksaan gratis ini berupa pemeriksaan tekanan darah, gula darah, lingkar perut, Berat Badan (BB), Tinggi Badan (TB), dan faktor risiko penyakit tidak menular lainnya. Khusus pengemudi akan dilakukan tes keseimbangan dan tes urine,” tutur Widyastuti. 

 sinpo

Komentar: