DPR Dukung Pemerintah Cabut PPKM Level 1 di Akhir Tahun

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 21 Desember 2022 | 15:33 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Wakil Ketua IX DPR RI Charles Honoris mendukung langkah pemerintah yang kemungkinan mencabut pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1 pada akhir tahun. Apalagi, situasi Covid-19 saat ini cukup terkendali.

"Saya kira memang sudah waktunya. Kalau kita melihat kondisi hari ini di mana penularan Covid-19 di Indonesia sudah cukup terkendali, capaian angka vaksinasi tinggi, dan tipologi varian Covid-19 yang menyebar relatif tidak mematikan,” kata Charles kepada wartawan, Jakarta, Rabu, 21 Desember 2022.

Charles meminta pemerintah membuat kebijakan pencabutan PPKM 1 dengan matang. Dia bahkan memberikan catatan terkait rencana langkah pemerintah itu, salah satunya meningkatkan capaian vaksinasi booster dan memastikan stok obat-obatan harus tersedia.

"Capaian vaksinasi booster harus terus digenjot agar masyarakat tetap mendapatkan perlindungan yang optimal. Seluruh data yang tersedia menyebutkan bahwa vaksin bisa mengurangi keparahan gejala Covid-19," kata Charles menambahkan.

Pemerintah juga harus memastikan stok obat-obatan yang dibutuhkan dalam penanganan Covid-19 selalu tersedia. Hal itu terkait pelonggaran pembatasan sosial yang bisa berdampak pada angka penularan kembali naik.

Selain itu terus komunikasi secara intens dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan otoritas kesehatan di negara-negara lain. "Guna mengikuti perkembangan yang terjadi di dunia sekaligus mengantisipasi munculnya varian-varian berbahaya," katanya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana mencabut PPKM level 1 pada akhir tahun. Pencabutan PPKM diambil setelah mempertimbangkan situasi Covid-19 di Tanah Air yang mulai menurun.sinpo

Komentar: