Analisa Multimetode, Ahli Psikologi Sebut Brigadir J Berkepribadian Normal

Laporan: Sigit Nuryadin
Rabu, 21 Desember 2022 | 15:26 WIB
Ilustrasi psikologi (SinPo.id/pixabay.com)
Ilustrasi psikologi (SinPo.id/pixabay.com)

SinPo.id -  Ahli Psikologi Reni Kusumowardhani menyebut hasil analisis menggunakan multimetode terhadap kepribadian Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, menunjukkan yang bersangkutan berpkepribadian normal. Meski Reni mengaku memiliki keterbatasan data untuk menyimpulkan secara utuh kepribadian Brigadir J..

“Uji tes ini, menggunakan data sukender karena subyek telah meninggal,” kata Reni saat bersaksi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu, 21 Desember 2022.

Reni mengungkapkan, hasil tes kepribadian Brigadir J berdasar pada hasil pengumpulan keterangan mulai dari keluarga di Jambi, teman dekat, teman kerja saat di Jambi, termasuk teman sekolah, dan teman kerja di Jakarta.

Dari hasil keterangan itu, dapat disimpulkan Brigadir J tergolong sebagai orang yang memiliki kecerdasaan rata-rata dan perilaku normal.

"Tidak dijumpai adanya riwayat tingkah laku Yosua dalam melanggar aturan, terlibat perkelahian dan penyalahgunaan napza (narkotika, psikotropika, dan zat adiktif)," ujar Reni menjelaskan.

Brigadir J, kata Reni, masa kecil dan remajanya dikenal sebagai anak berkarakter baik dan aktif di berbagai kegiatan positif. Saat bekerja sebagai polisi, yang bersangkutan terindikasi memiliki dedikasi dan kepatuhan, sehingga mampu menjalani kerja dengan baik.

Sebagai polisi, Brigadir J dikenal sebagai anggota yang cekatan, memiliki dedikasi, tidak pernah membantah dan patuh juga mampu bekerja dengan baik, dan layak direkomendasikan sebagai ADC (ajudan) pejabat tinggi kepolisian

Meski Reni mengungkapkan, perubahan kepribadian Brigadir J diduga saat diangkat sebagai kepala rumah tangga untuk keluarga Ferdy Sambo dan juga diberi amanah menjadi sopir pribadi Putri Candrawathi. “Didapatkan informasi ada perubahan sikap sejak diberi kepercayaan sebagai kepala rumah tangga dalam istilah mereka dan ADC yang ditugaskan mendampingi Ibu Putri," kata Reni menambahkan.

Menurut Reni, perubahan Brigadir J tampak dari penampilannya yang lebih mewah dari keterangan rekan kerja Yosua.

"Penampilannya lebih mewah dibanding sebelumnya, menunjukkan power dan dominasi terhadap ADC dan perangkat lain," katanya.

 sinpo

Komentar: