Menpora Minta Indonesia Belajar dari Qatar Selenggarakan Piala Dunia

Laporan: Sinpo
Jumat, 23 Desember 2022 | 06:55 WIB
Piala Dunia Qatar 2022/Net
Piala Dunia Qatar 2022/Net

SinPo.id -  Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora R) Zainudin Amali mengatakan kesuksesan Qatar menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia 2022 menjadi contoh bagi Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2023 depan.

Hal tersebut disampaikan Menpora Amali melalui virtual dari Lantai 10 Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta.

"Kesuksesan Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia ada beberapa hal yang bisa kita pelajari, yaitu, pengaturan penonton yang begitu rapi.   Semua penonton tertib sesuai dengan nomor kursi. FIFA memang mempersyaratkan kursi harus kursi tunggal dan itu kita sudah penuhi," katanya.

"Kemudian bagaimana panitianya begitu cekatan, terus bagaimana penjagaan keamanan begitu ketat tetapi tidak menunjukkan hal yang menyeramkan bagi para penonton. Panitianya tetap menyapa orang dengan baik tetapi tetap tegas. Hal-hal seperti itu bisa kita tiru," tambahnya.

Menpora Amali pun punya keyakinan kerjasama  kementerian dengan lembaga, pemerintah provinsi dan kabupaten kota serta seluruh stakeholder sepak bola maka Indonesia juga bisa meniru kesuksesan piala dunia yang di Qatar.

Terkait keamanan, Menpora Amali menyampaikan bahwa, keamanan khususnya  yang di dalam stadion akan dipandu oleh FIFA sendiri. Sedangkan di luar stadion dari  pihak Polri dan TNI.

"Di internal kita, Polri sudah ada peraturan Polri yang besok pada saat pertandingan Piala AFF antara Indonesia melawan Kamboja akan mulai diuji cobakan," tutupnyasinpo

Komentar: