Hindari Penyalahgunaan, Polisi Akan Periksa Mobil Ambulans di Jalur Puncak

Laporan: Sigit Nuryadin
Sabtu, 24 Desember 2022 | 18:30 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor akan memeriksa seluruh ambulans yang melintas di Jalur Puncak selama momen perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Langkah tersebut sebagai antisipasi penyalahgunaan ambulans untuk angkutan wisata yang sering terjadi selama momen liburan.

"Akan kita cek setiap ambulans yang melintas dengan menggunakan sirene dan rotator," ujar Kanit Turjawali Satlantas Polres Bogor Ipda Ardian Novianto, Sabtu, 24 Desember 2022.

Menurut Ardian, jika setelah dicek ambulans tersebut benar sedang bertugas, maka akan langsung memberikan pengawalan. Namun polisi akan menindak tegas jika ada yang menyalahgunakan fungsi dari ambulans tersebut.

"Apabila memang dibutuhkan bantuan pengawalan, ya kita berikan pengawalan. Kalau tidak kita temukan pasti akan kita tindak," ujar Ardian menegaskan.

Ardian berharap tidak akan ada lagi masyarakat yang nakal dan menyalahgunakan kendaraan prioritas, seperti ambulans hanya berkeinginan lebih cepat sampai ke tempat tujuan. Sedangkan penindakan sebagai pembelajaran bagi pengemudi-pengemudi ambulans yang lain.sinpo

Komentar: