Badai Arktik Terus Menerjang AS, 38 Orang Dilaporkan Tewas

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 26 Desember 2022 | 10:12 WIB
Badai salju yang terjadi di AS/ AP photo
Badai salju yang terjadi di AS/ AP photo

SinPo.id - Sejak malam natal hingga hari ini, 38 orang telah dilaporkan tewas karena badai Arktik yang terus menerjang seluruh daratan Amerika Serikat (AS), dengan daerah terparah adalah kota Buffalo, di negara bagian New York.

"Ini akan dicatat dalam sejarah sebagai badai paling dahsyat di Buffalo," kata Gubernur Negara Bagian New York, Kathy Hochul, yang merupakan penduduk asli Buffalo, dilansir dari BBC, Senin 26 Desember 2022.

Menurut Eksekutif Erie County Mark Poloncarz, sejumlah orang yang tewas di daerah tersebut, ditemukan di dalam mobil dan gundukan salju, akibat dari terjangan angin lebat yang disertai salju di seluruh negeri.

Empat orang lainnya dilaporkan tewas dalam kecelakaan di Canada, ketika sebuah bus terguling di jalan yang tertutup es di dekat kota Merritt, di provinsi barat British Columbia.

Kematian terkait badai juga dilaporkan di Vermont, Ohio, Missouri, Wisconsin, Kansas, dan Colorado. Sementara negara bagian Montana di AS bagian barat adalah yang paling parah terkena hawa dingin, dengan suhu turun hingga -50F (-45C).

Seperti diketahui, badai telah mendatangkan malapetaka di tengah perayaan natal selama berhari-hari. Namun saat ini listrik telah pulih dengan stabil setelah sebelumnya pemerintah melakukan pemadaman listrik.sinpo

Komentar: