Kaleidoskop 2022, Kebohongan Jenderal Sambo Dalam Kematian Brigadier J

Laporan: Sinpo
Selasa, 27 Desember 2022 | 12:00 WIB
Terdakwa pembunuhan Brigadir J, Ferdy Sambo/ SinPo.id/ Ashar SR
Terdakwa pembunuhan Brigadir J, Ferdy Sambo/ SinPo.id/ Ashar SR

SinPo.id -  Sekitar bulan Juli 2022 lalu publik dikejutkan oleh peristiwa penembakan aparat kepolisian di rumah dinas Kadiv Propam Inspektur Jenderal, Ferdy Sambo di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Kasus yang terjadi pada Jumat petang 8 Juli 2022 itu awalnya diakui adanya saling tembak antara Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E dengan  Briagdir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. yang menimbulkan Brigadir J tewas.

Belakangan kasus itu terungkap bukan tembak menembak, namun kesengajaan pembunuhan berencana yang melibatkan sang Jenderal langsung.  Kasus itu mencuat seiring desakkan keluarga Brigadir J dan publik yang mencurigai ada yang janggal ataus peristiwa penembakan di Duren Tiga.

Sesaat usai kejadian itu, Mabes polri menggelar Inevstigasi  dan menemukan kasus penembakan di rumah salah satu peting Polri itu melibatkan si tuan rumah Irjen Sambo.

Tak hanya sebagai penembak langsung, Sambo juga diketahui merekayasa kejadian untuk menutup persitiwa sebenarnya. Kini kasus itu telah masuk ke pengadilan Negeri Jakarta selatan, dengan terdakwa Ferdy Sambo dan istrinya  Putri Candrawathi serta 11 tersangka lainnya terkait kasus pembunuhan ini.

Kasus itu mejadi catatan Polri untuk reformasi intitusi pelindung publik. Apa lagi usai kasus itu, muncil sejumlah  dugaan penyelewengan di intitusi Polri.sinpo

Komentar: