Badai Dahsyat Terjang Jabodetabek Besok? Ini Kata BMKG

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 27 Desember 2022 | 21:15 WIB
Ilustrasi badai/ Pixabay
Ilustrasi badai/ Pixabay

SinPo.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merespon soal adanya badai besar yang mengancam Jabodetabek pada Rabu, 28 Desember 2022.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan, merujuk dari berbagai parameter fenomena alam yang ada, diperkirakan badai tersebut tidak akan terjadi.

"Prakiraan cuaca pada 28 Desember 2022 pada umumnya adalah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat namun bukan badai," kata Guswanto kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 27 Desember 2022.

Guswanto meminta masyarakat untuk tetap tenang atas prakiraan cuaca tersebut. Ia juga meminta masyarakat agar terus memperbaharui informasi melalui kanal-kanal resmi BMKG.

Kendati begitu, Guswanto tetap mengimbau kewaspadaan masyarakat dengan segala potensi bencana hidrometeorologi di penghujung tahun.

"BMKG mengimbau masyarakat agar mewaspadai dampak dari potensi cuaca ekstrem ini yaitu adanya potensi bencana hidrometeorologis," ujarnya.

Menurutnya, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat bahkan sangat lebat masih berpotensi terjadi hingga awal Januari 2023. Sementara itu peningkatan curah hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat berpotensi terjadi pada tanggal 30 Desember 2022.

Sebelumnya Peneliti BRIN Erma Yulihastin melalui akun Twitternya menyampaikan bahwa wilayah Jabodetabek berpotensi dilanda banjir besar akibat hujan ekstrem dan badai.

Emma menyampaikan badai dahsyat tersebut datang dari laut yang berpindah ke darat melalui dua jalur. Adapun jalur pertama berasal dari barat lewat angin baratan yang membawa hujan badai dari laut (Westerly Burst). Jalur berikutnya dari utara lewat angin permukaan yang kuat.
 sinpo

Komentar: