BPBD DKI Klaim Cuaca di Jakarta Masih Bisa Terkendali

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 28 Desember 2022 | 20:30 WIB
Ketua BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji /SinPo.id/ Khairul Anam
Ketua BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji /SinPo.id/ Khairul Anam

SinPo.id - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Isnawa Adji mengungkapkan kondisi cuaca hingga potensi banjir rob di Jakarta sejauh ini masih dapat terkendali.

Namun, BPBD akan melakukan Teknik Modifikasi Cuaca (TMC) jika Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menetapkan status siaga akibat adanya darurat cuaca ekstrem.

"Modifikasi cuaca jadi memang salah satunya adalah harus ada surat Bapak Gubernur terkaitkan dengan status siaga darurat bencana," kat Isnawa kepada wartawan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu, 28 Desember 2022.

Adapun teknis pelaksanaan TMC akan dilaksanakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan TNI Aangkatan Udara (AU).

"Jadi surat itu akan kita kirim ke BNPB,  nantinya akan dipersiapkan oleh AU untuk melakukan semacam persemaian garam di wilayah udara Jakarta," ujarnya.

Isnawa menjelaskan, BPBD DKI Jakarta berencana menerapkan dua pola penanganan untuk TMC. Pertama dengan jumping process atau memprematurkan awan hujan untuk dicegat masuk ke wilayah Jakarta, sehingga tidak terjadi hujan atau hanya sekedar gerimis. Kemudian dengan pola kompetisi, yaitu dengan membakar semua bahan semaian garam yang ada.

 sinpo

Komentar: