Survei SPIN: Elektabilitas Pak Bowo di Pengujung 2022 Makin Mendominasi

Laporan: Sinpo
Kamis, 29 Desember 2022 | 18:14 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto atau yang karib disapa Pak Bowo/ Setkab
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto atau yang karib disapa Pak Bowo/ Setkab

SinPo.id - Direktur eksekutif Survei dan Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara menyampaikan bahwa Prabowo Subianto masih berada di urutan nomor satu di atas nama lainnya, dalam barometer elektabilitas tokoh nasional untuk Pemilu 2024.

Berdasarkan temuan data survei yang dilakukannya untuk periode bulan Desember 2022, tren elektabilitas pria yang biasa disapa Pak Bowo itu cenderung menguat ketimbang periode sebelumnya.

"Sampai dengan survei periode Desember 2022, perolehan elektabilitas Prabowo masih stabil diangka 31,8 persen bahkan cenderung menguat," kata Igor dalam rilis surveinya, Kamis, 29 Desember 2022.

Menurut Igor, ada beberapa perspektif mengapa nama Pak Bowo masih menguat elektabilitasnya. Salah satunya yaitu sepak terjang Pak Bowo dalam membantu pemerintahan Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pertahanan.

"Diduga hasil dari fokus kerjanya sebagai Menteri Pertahanan dan endorse yang dilakukan oleh Jokowi terhadapnya," ujar Igor.

Selain itu, sambung Igor, statemen Pak Bowo yang sudah menyatakan diri untuk siap bertarung kembali dalam Pilpres 2024 juga makin menguatkan elektabiltas Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu.

"Fokusnya untuk menjalankan Amanah Presiden dibidang pertahanan patut diapresiasi mengingat Prabowo telah mendeklarasikan kesiapanya kembali untuk bertarung dalam kompetisi Pilpres," katanya.

Yang tak kalah penting, lanjutnya, citra Pak Bowo yang positif di masyarakat. Sebagai Menteri Pertahanan, kinerja Pak Bowo juga dapat dikategorikan sangat gemilang.

"Sikapnya yang patriotis, negarawan dan berjiwa besar dalam beberapa momen nasional dan internasional yang dliput oleh media atau new media ternyata juga tak luput dari perhatian dan apresiasi publik," ucap Igor.

Sementara itu, di urutan selanjutnya ada nama Ganjar Pranowo yang mendapatkan 20,1 persen, kemudian Anies Rasyid Baswedan mendapatkan 19,7 persen. Laju elektabilitas ketiga tokoh besar itu masih saling mendominasi.sinpo

Komentar: