DPR akan Evaluasi Kasus Kebakaran Smelter Nikel PT Gunbuster di Morowali Utara

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 30 Desember 2022 | 11:11 WIB
Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Bambang Haryadi/ Dok. Pribadi
Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Bambang Haryadi/ Dok. Pribadi

SinPo.id - Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Bambang Haryadi, menyoroti insiden kebakaran Smelter Nikel milik PT Gunbuster Nickel Industry di Morowali Utara pada 22 Desember lalu, dan telah memakan korban jiwa.

Ia menyampaikan akan segera melakukan kunjungan ke lokasi kejadian untuk mendapat gambaran utuh terkait penyebab kebakaran, agar dapat segera diinvestigasi.

"Dan kami akan mengevaluasi dari kejadian ini, apakah ada unsur unsur teknis yang memang tidak layak atau peristiwa itu memang murni musibah," kata Bambang, melalui keterangan tertulisnya, Jumat 30 Desember 2022.

Selain itu, ia juga meingatkan kepada seluruh pabrik pengolahan Nikel agar selalu mengutamakan keselamatan para pekerja, dan tidak hanya berorientasi terhadap keuntungan semata.

"Kami meminta pihak perusahaan harus bertanggung jawab terhadap korban dan juga mendorong kementerian teknis yang terkait untuk melakukan audit terhadap smelter tersebut," katanya menegaskan.

Oleh karena itu, Komisi VII DPR RI akan segera memanggil semua pihak terkait untuk melakukan pendalam secara menyeluruh terkait insiden tersebut, serta mengantisipasi agar peristiwa yang sama tidak terjadi di Smelter lainnya.

 sinpo

Komentar: