Kemenkeu Gelar Apresiasi Media Nagara Dana Rakca 2022, Ini Deretan Pemenangnya

Laporan: Sinpo
Sabtu, 07 Januari 2023 | 22:56 WIB
Apresiasi Media Nagara Dana Rakca 2022/ Dok. Kemenkeu
Apresiasi Media Nagara Dana Rakca 2022/ Dok. Kemenkeu

SinPo.id - Kementerian Keuangan menggelar Apresiasi Media Nagara Dana Rakca 2022. Apresiasi ini ditujukan bagi para media nasional yang memiliki kerjasama dan kolaborasi yang baik dengan Kementerian Keuangan dalam rangka menyampaikan informasi, edukasi, data, dan kebijakan di lingkungan Kementerian Keuangan kepada publik, khususnya dari aspek keuangan negara.

Bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) dalam proses penilaiannya, apresiasi media Nagara Dana Rakca khususnya diberikan kepada media yang secara konsisten dan transparan menyampaikan informasi bertema Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2022. Dalam prosesnya, terdapat sejumlah 2.534 artikel karya jurnalistik yang telah diamati sebagai bahan penilaian.

Terdapat 4 kategori yang disampaikan dalam penghargaan ini, di antaranya : 1. Kategori Media Cetak yang diraih oleh Investor Daily, Kontan dan Bisnis Indonesia; 2. Kategori Media Online ditempati oleh Bisnis.com, kemudian Kontan.co.id dan Katadata.co.id; 3. Kategori Media Televisi diberikan kepada KompasTV, MetroTV dan IDX Channel; serta 4. Kategori Tulisan Jurnalistik diberikan kepada Triyan Pangastuti dari Investor Daily, Bidara Deo Pink dari Kontan, serta Ghoida Rahmah dari Koran Tempo.

Dalam kesempatan itu, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan selamat kepada seluruh media dan jurnalis yang telah mendapatkan Apresiasi Media Nagara Dana Rakca. Menkeu meyakini bahwa media merupakan partner sekaligus pilar demokrasi yang sangat penting di Indonesia untuk menjaga kontrak sosial yang sehat, baik, dan terpercaya dalam rangka untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dan membangun Indonesia.

“Kita semua memiliki kepentingan untuk membuat ruang publik ini diisi oleh media-media yang memang juga memiliki keinginan untuk terus membangun sebuah suasana sosial politik ekonomi yang baik, yang tujuannya untuk kebaikan bersama,” ujar Sri Mulyani seperti dikutip dari website Kemkenkeu, Sabtu, 7 Januari 2023.

Dengan begitu, Menkeu berharap kedepannya Kementerian Keuangan dapat terus menjaga hubungan baik dengan para media dan jurnalis, terutama dalam memasuki tahun 2023 yang sangat menarik dan tidak mudah. Menurutnya, tahun 2023 memiliki tantangan yang harus dijaga bersama, terdapat optimisme namun juga kewaspadaan.

"Kita berusaha dan belum selesai sebetulnya pandeminya, meskipun PPKM sudah disampaikan selesai. dan kita berusaha untuk terus tetap menjaga hubungan yang positif, yang konstruktif, yang baik ini, untuk memasuki dan mengarungi masa depan yang moga-moga akan terus baik. Optimis tapi waspada,” kata dia.sinpo

Komentar: