Gulai Tambusu Masih Jadi Menu Favorit di Food Street Kramat

Laporan: Sinpo
Minggu, 08 Januari 2023 | 02:16 WIB
Gulai tambusu/ shutterstock
Gulai tambusu/ shutterstock

SinPo.id - Food Street Kramat di Jl Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, mungkin sudah tak asing bagi pecinta kuliner khas Tanah Minang. Di kedai tenda yang berjejer di sisi jalan arah Senen menuju Salemba ini, tersaji berbagai menu santapan Tanah Minang yang cukup popular, mulai dari nasi kapau, bubur kampiun, lemang tapai hingga gulai tambusu.

Salah satu yang menjadi favorit yakni gulai tambusu  yang dicari pengunjung. Gulai tambusu merupakan menu dari usus sapi yang diisi campuran tahu dengan telur.

Darummi (56), salah satu pedagang di sana menjelaskan, Gulai Tambusu termasuk hidangan berkuah santan kelapa dan rempah-rempah tradisional. Menurutnya, cara memasak menu satu ini cukup mudah, namun membutuhkan waktu yang lama.

"Bentuknya seperti usus panjang terurai dan juga memiliki diameter yang cukup tebal. Setiap harinya saya bisa menjual tiga hingga empat kilogram gulai ini," ujar Darummi, seperti dikutip dari beritajakarta, Sabtu, 7 Desember 2023.

Wanita yang akrab disapa Ummi ini menjelaskan, untuk satu gulai tambusu dijualnya seharga Rp20.000 hingga Rp25.000. Gulai tambusu juga banyak dicari pembeli saat Ramadan, untuk santapan berbuka puasa.

"Saat Ramadan penjualan bisa mencapai dua kali lipat dibandingkan hari biasa," jelasnya.

Ia melanjutkan, selain gulai tambusu, ada menu dendeng Lambo dan bebek cabai hijau yang masih dicari oleh para peminat.

Hal serupa disampaikan, Askawa Indah (54) pedagang lainnya. Menurutnya, Gulai Tambusu bertambah nikmat kalau disajikan bersama nasi hangat dan beberapa menu lauk lainnya.

"Di sini ramai saat jam makan siang dan malam hari. Kemarin saat malam tahun baru banyak pembeli yang datang dan mencari gulai tambusu," kata Askawa.sinpo

Komentar: