Legislator Dukung Komitmen Jokowi Wujudkan Kedaulatan Kesehatan

Laporan: Juven Martua Sitompul
Minggu, 08 Januari 2023 | 20:08 WIB
Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay. Dok DPR RI
Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay. Dok DPR RI

SinPo.id - Kalangan legislator menyambut baik imbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar masyarakat Indonesia mengurangi berobat ke luar negeri. Ini dipandang sebagai komitmen Jokowi mewujudkan kedaulatan di bidang kesehatan.

Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay menilai permintaan ini menggambarkan jika Presiden ingin pelayanan kesehatan Indonesia berkualitas. Sehingga, masyarakat merasa tidak perlu mendapatkan pelayanan kesehatan di luar negeri lagi.

"Harus kita apresiasi pernyataan Pak Jokowi ini karena menunjukkan jika beliau serius ingin pelayanan kesehatan Indonesia menjadi lebih baik lagi. Dan membuat masyarakat jika berobat enggak perlu ke luar negeri," kata Saleh saat dihubungi, Minggu, 8 Januari 2023.

Saleh juga memandang Jokowi memikirkan adanya peluang pendapatan devisa di sektor pelayanan kesehatan. Jika pelayanan kesehatan diperbaiki maka akan mendatangkan keuntungan bagi Indonesia mengingat masyarakat tidak perlu membuang uangnya ke luar negeri untuk berobat.

"Kalau kualitas pelayanannya, dokternya, dan kemudian hospitality-nya itunya sudah bagus, saya kira orang tidak perlu lagi ke luar negeri untuk menghabiskan uangnya berobat," jelas Saleh.

Saleh mendorong agar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) segera bergerak untuk merealisasikan keinginan Presiden tersebut. Salah satunya, meratakan pelayanan kesehatan hingga tersebar di seluruh Indonesia dan tak hanya berpusat di Jakarta.

"Jadi kalau pelayanan kesehatan itu mudah diakses denga baik ke seluruh Indonesia dengan kualitas yang sama dengan Jakarta maka yakin masyarakat yang berobat ke luar negeri akan berkurang," tegas Saleh.

Legislator Dapil Sumsel III ini mencontohkan warga yang banyak berobat ke luar negeri, yakni dari Pekanbaru. Hal itu lantaran biaya yang dibutuhkan untuk berobat di Jakarta sama bahkan lebih murah di luar negeri. 

"Orang ke luar negeri itu sebetulnya mereka berpikir itu biayanya sama dengan di Jakarta karena di Pekanbaru tidak ada rumah sakit yang bisa menangani penyakit itu, daripada ke Jakarta dia bagus katakanlah ke luar negeri ke Kuala Lumpur atau ke Brunei misalnya," ucap dia.

"Kenapa karena biayanya sama ongkosnya sama bahkan mungkin lebih murah karena ke Malaysia lebih dekat misalnya daripada ke Jakarta. Karena itu ini yang saya kira juga penting pembangunan fasilitas kesehatan di seluruh wilayah Indonesia jadi hal yang sangat penting," timpal Saleh.

Oleh karenanya, Saleh mendesak agar Kemenkes segera membuat road map pemerataan kesehatan seperti yang diharapkan Presiden. Antara lain langkah-langkah strategis yang akan dilakukan kemudian tahapannya, terakhir dengan menyakinkan masyarakat soal proses pelayanan kesehatan Indonesia sama atau bahkan lebih baik dari luar negeri.

"Sosialisasi yang masif ke publik jika dilakukan maka bisa membuat mereka tahu rasanya kualitas pelayanan kita lebih baik. Apalagi, juga disertai dengan dokter yang mumpuni dan berkualitas maka saya yakin kedaulatan kesehatan Indonesia seperti keinginan Pak Jokowi akan tercapai," tegas Saleh.sinpo

Komentar: