Soal Reshuffle Kabinet, Sekjen NasDem: Sudah Dipertimbangkan Jokowi

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 08 Januari 2023 | 19:33 WIB
SekJend NasDem Jhonny G Plate /SinPo.id
SekJend NasDem Jhonny G Plate /SinPo.id

SinPo.id -  Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Johnny G Plate meyakini Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak akan terpengaruh omongan sejumlah pihak terkait perombakan kabinet.

Menurutnya, Jokowi dalam menjalankan kepemimpinan dua periode ini selalu bertindak berdasarkan kebijakan atau kinerja para menterinya.

"Ya, kalau bapak Presiden ini kan bukan baru pertama kali jadi presiden ya, sudah sekian lama, sudah dua periode. Dan beberapa kali melakukan reshuffle kabinet pasti setiap kebijakan-kebijakan penting terkait dengan kewenangannya itu sudah dipertimbangkan, dipikirkan dengan baik," kata Johnny kepada wartawan di Jakarta Selatan, Minggu, 8 Januari 2023.

Menteri Komunikasi dan Informasi (Kominfo) itu juga menjelaskan perombakan kabinet merupakan hak prerogatif Presiden dan bisa terjadi kapan saja, bukan hanya dari unsur partai bahkan non partai.

Selain itu, ia pun menyebut siap apabila  NasDem terdepak dari koalisi pemerintahan Jokowi. Jhonny menegaskan NasDem selalu konsisten mendukung pemerintahan hingga selesai karena menjadi bagian dari koalisi.

"Kalau soal sikap, NasDem adalah pengusung koalisi kabinet mementingkan koalisi pilpres tahun 2014, 2019 bersama koalisi melaksanakan pemerintahan, mendukung presiden terpilih sampai selesai dan sukses," ujar Jhonny.

"Dan komitmen politik Partai NasDem sebagaimana yang telah disampaikan oleh ketua umum akan terus mengawal sampai selesainya masa tugas jabatan presiden," tegasnya.

Sebelumnya, Johnny membantah kabar yang menyebut ia akan mundur dari jabatan Menkominfo. Dia mengaku masih dipercaya Jokowi.

Jabatan Menkominfo sempat diisukan bakal diganti Jokowi menyusul keretakan hubungan NasDem dengan PDI Perjuangan (PDIP). Bahkan PDIP terang-terangan ingin dua menteri asal Nasdem segera diganti.

Hal tersebut diutarakan Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat yang berharap dua menteri NasDem segera mengundurkan diri. sinpo

Komentar: