Roepa-roepa pamereksahan menarik

Laporan: Sinpo
Senin, 09 Januari 2023 | 09:57 WIB
Koran Sin Po, 10 Januari 1932 (Monash University/ SinPo.id)
Koran Sin Po, 10 Januari 1932 (Monash University/ SinPo.id)

Soeara brisik dan bloeddruk. Koetoe tuberculose dan tetaneman. Nicotine dari sigaret montok. DALEM kota-kota besar soeara brisik dan riboet sekarang mendjadi satoe soewal penting, sebab itoe soeara brisik mengganggoe orang poenja pakerdjahan dan manoesia poenja zenuw, maskipoen itoe soeara riboet poen bikin satoe Schopenhauer karang iapoenja sala satoe essay jang eesay tentang „Riboet dan brisik".

Roepa-roepa pamereksahan telah dilakoeken berhoeboeng dengen ichtiar boeat linjapken soeara riboet. Oberingenieur Ebert menoeroet ”Kosmos” (Sept. 1931) telah dapet kanjatahan, bahoea linjapnja soeara brisik dalem satoe kantoor dimana ada bekerdja typisten bikin naek iaorang poenja kerdjahan (prestatie) dengen 80%! Soeara riboet menoeroet ini penjelidikan djadinja bisa bikin koerang quantiteit orang poenja kerdjahan sampe ampir separo!

Dalem, satoe hotel djoemblah piring mangkok jang petja koerang 75% sasoedanja diadaken dajaoepaja boeat bikin koerang soeara brisik dari loear! Laen - laen pamereksahan poen oendjoek bagimana soeara brisik betoel tida baek boeat kita poenja Pakerdjahan dan boekan boeat kita poenja kerdjahan sadja. Soeara riboet djoega bisa bikin naek druk dara (bloeddruk) dengen sanget njata.

Satoe kantong kertas jang ditioep dengen angin dan kamoedian dipoekoel petja (seperti anak ketjil sering lakoeken) terbitken soeara meledak jang keras; ini soeara dari klemboengan kertas bisa bikin bloeddruk otak naek sampe ampat kali lipet! Dari sini poen ternjata bagimana pasang petasan mendadak (satoe -satoe) bisa bikin naek orang Poenja bloeddruk.

Laen pertjobahan menarik dalem kalangan ilmoe alam dilakoeken oleh Prof. Dr. Hans Much di Hamburg. Penjakit tuberculose seperti Pembatja tentoe taoe terbit lantaran koetoe-koetoe tuberculose (Tuberkelbazillen). Prof. Much djadjal ini matjem koetoe-koetoe pada...... tetaneman boeat liat kasoedahannja.

Ternjata masing-masing poehoen mempoenjai reactie jang laen. Ada poehoen jang bikin linjap dan abis itoe koetoe-koetoe penjakit sama - sekali, seperti oepama poehoen tembako, knoflook dan laen - laen poehoen dari familie Nachtschatten. Poehoen kembang matahari tida bisa bikin abis itoe koetoe-koetoe djahat, tapi sebaliknja poen tida terganggoe kasoeboerannja oleh itoe koetoe-koetoe tuberculose biarpoen djoemblahnja besar sekali.sinpo

Komentar: