KKP Perkuat Hubungan Dagang dengan Pemerintah Kanada Melalui ICA-CEPA

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 09 Januari 2023 | 12:14 WIB
Ilustrasi kerjasama/ Pixabay
Ilustrasi kerjasama/ Pixabay

SinPo.id - Mengawali tahun 2023, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mulai memperkuat hubungan dagang dengan Pemerintah Kanada melalui Indonesia-Canada Comprehensive Economic Partnership Agreement (ICA-CEPA).

"Kami memulai 2023 dengan mengusulkan sejumlah poin yang dibawa dalam perundingan ICA-CEPA," kata Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), Pamuji Lestari, Senin 9 Januari 2023.

Ia mengatakan dalam rapat nanti, akan dibahas mengenai sanitary and phytosanitary (SPS) yang meliputi risk analysis, import check, audit serta adaptasi terhadap kondisi regional, yang diusulkan dengan sangat detail dan bersifat prosedural.

"Kami juga mengusulkan substansi yang sifatnya umum dan fleksibel supaya tidak terikat dengan obligasi ICA CEPA sebagai konsekuensi ratifikasi," ungkapnya.

Sementara dalam perundingan intersesi atau perundingan sela nanti, Tari menyebut Indonesia akan menawarkan brainstorming substansi teknis untuk mencapai level kesepahaman yang baik terhadap keinginan masing-masing pihak, agar menguntungkan kedua pihak.

"Semoga nantinya lahir kesepakatan yang sama-sama menguntungkan, khususnya bagi produk Indonesia agar semakin bisa menjangkau pasar Kanada," katanya menambahkan.

 sinpo

Komentar: