Dunia Internasional Kecam Pendukung Mantan Presiden Brasil

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 10 Januari 2023 | 06:58 WIB
Foto: Reuters
Foto: Reuters

SinPo.id -  Dunia internasional mengecam kerusuhan di ibu kota Brasil oleh para pendukung Mantan Presiden sayap kanan Brasil, Jair Bolsonaro. Setidaknya 1.000an orang telah ditangkap oleh pihak berwenang.

Sementara istri Bolsonaro, Michelle, mengatakan suaminya tengah dalam perawatan di rumah sakit, di Orlando, Amerika Serikat. Bolsonaro menderita penyumbatan usus akibat penusukan yang dialami saat kampanye.

Namun Bolsonaro juga harus menghadapi beberapa penyelidikan oleh Mahkamah Agung di Brasil, khususnya terkait visa untuk kepala negara, diplomat, dan pejabat pemerintah lainnya, yang saat ini ia gunakan untuk pergi ke AS.

"Amerika Serikat tidak boleh memberikan perlindungan kepada otoriter yang telah menginspirasi terorisme domestik dan harus mengirim Bolsonaro kembali ke Brasil," kata seorang anggota parlemen Demokrat di Kongres AS, Joaquin Castro, kepada CNN, Selasa 10 Januari 2023.

Kemudian Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price, mengatakan seseorang yang masuk dengan visa pejabat asing harus meninggalkan negara itu dalam waktu 30 hari atau mengajukan perubahan status imigrasi jika mereka tidak lagi terlibat dalam bisnis resmi.

Bahkan Presiden AS, Joe Biden, bersama para pemimpin dunia lainnya mengutuk kerusuhan tersebut dan menyebut mereka keterlaluan. Pasalnya, kerusuhan dan kekerasan itu mengingatkan pada penyerangan di US Capitol dua tahun lalu oleh para pendukung mantan Presiden Donald Trump.

Namun Bolsonaro, yang sekarang berada di Florida, membantah menghasut para pendukungnya dan mengatakan para perusuh telah melewati batas.sinpo

Komentar: