Sistem Pemilu Proporsional Tertutup, Cak Imin : Ganggu Siklus Demokrasi

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 10 Januari 2023 | 12:53 WIB
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar,  (SinPo.id/Dok)
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, (SinPo.id/Dok)

SinPo.id -  Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin menilai usulan wacana sistem proporsional tertutup mengganggu siklus demokrasi Indonesia. Apalagi, persiapan perhelatan pesta demokrasi lima tahunan sudah berjalan.

"Semua persiapan sudah siap baik itu partai, KPU, anggaran, kalau tiba-tiba diubah mengganggu siklus semua itu," kata Cak Imin di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 10 Januari 2023.

Cak Imin menilai usulan agar sistem proporsional tertutup diterapkan dalam Pemilu 2024 tidak logis. Sebab, usulan ini digaungkan satu tahun sebelum pelaksanaan dan semua proses demokrasi hampir rampung.

"Ya kalau ide itu 4 tahun sebelum pemilu rasional kalau tinggal setahun sih enggak rasional," ujarnya.

Tak hanya itu, Cak Imin menganggap usulan sistem proporsional tertutup membahayakan sistem demokrasi Indonesia. Sebab, persiapan hingga anggaran untuk kontestasi politik telah digelontorkan pemerintah ke penyelenggara pemilu.

"Tapi kalau pemilu sudah sangat dekat begini, kemudian semua persiapan sudah berjalan, anggaran dan berbagai perencanaan sudah tahapannya berlangsung tiba-tiba perubahan sistem akan sangat membahayakan demokrasi kita," kata Cak imin menegaskan.sinpo

Komentar: