Kritik Perang di Ukraina, Aktor Ternama Rusia Dituntut Pidana

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 10 Januari 2023 | 12:59 WIB
Artur Smolyaninov (SinPo.id/Russia Posts)
Artur Smolyaninov (SinPo.id/Russia Posts)

SinPo.id -  Aktor film dan teater ternama Rusia, Artur Smolyaninov, dituntut pidana usai melontarkan kritikan pada Kremlin atas perang di Ukraina. Komite Investigasi Rusia, yang diketuai Alexander Bastrykin, memerintahkan peluncuran kasus pidana terhadap aktor itu.

"Aktor berusia 39 tahun itu membuat serangkaian pernyataan yang ditujukan kepada Rusia dalam sebuah wawancara dengan media Barat," kata Komite Investigasi Rusia, dilansir dari Fox News, Selasa 10 Januari 2023.

Namun, komite investigasi tidak mengklarifikasi tindakan Smolyaninov mana yang merupakan tindak pidana dan tuduhan apa yang akan dikenakan terhadapnya.

Smolyaninov, yang membintangi film "The 9th Company" tahun 2005, tentang invasi Uni Soviet ke Afghanistan, telah meninggalkan Rusia setelah pasukan Moskow menginvasi Ukraina. Ia bahkan telah berulang kali menentang perang tersebut.

Dalam wawancara terbarunya yang memicu kemarahan para pendukung Kremlin, Smolyaninov mengatakan jika dia harus berperang, dia akan berperang di pihak Ukraina.

"Bagi saya, saudara laki-laki saya yang diserang oleh saudara laki-laki saya yang lain berada di pihak saya," kata Smolyaninov.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan pentingnya badan pemegak hukum untuk memikirkan pernyataan tersebut. Bahkan anggota parlemen Rusia telah menyarankan untuk menyita properti mereka yang pindah ke luar negeri karena perang, dan menaikkan pajak bagi mereka yang terus bekerja dari jarak jauh untuk perusahaan Rusia. Di samping itu, mereka juga disebut sebagai pengkhianat.sinpo

Komentar: