Lukas Enembe Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RSPAD

Laporan: Sinpo
Selasa, 10 Januari 2023 | 23:23 WIB
Gubernur Papua Lukas Enembe/ Setkab
Gubernur Papua Lukas Enembe/ Setkab

SinPo.id -  Gubernur Papua Lukas Enembe menjalani pemeriksaan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto pada Selasa 10 Januari 2023 pukul 21.48 WIB. Tim KPK dan Polri mengawal Lukas Enembe.

"Untuk memastikan kondisi kesehatannya, sekali lagi karena kami tetap ingin menjunjung hak asasi manusia. Hak kesehatan dari tersangka," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri.

Rencananya, Lukas Enembe bakal diperiksa besok.

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan Gubernur Papua Lukas Enembe berencana meninggalkan Indonesia. Setelah menerima informasi tersebut, KPK berkoordinasi dengan Wakapolda Papua Brigjen Ramdani Hidayat, Dansat Brimob Polda Papua Kombes Budi Satrijo, hingga Kabinda Papua Mayjen TNI Gustav Agus Irianto untuk membantu penangkapan Lukas Enembe.

Lukas Enembe pun ditangkap di Bandara Sentani pada Selasa 10 Januari 2023 sekitar pukul 12.27 WIT. Lukas Enembe saat itu diduga hendak keluar dari Jayapura.

Setelah itu, Lukas Enembe dibawa ke Mako Brimob Papua untuk diamankan sebelum dibawa ke Jakarta pada pukul 15.00 WIT. Lukas Enembe diterbangkan ke Jakarta menggunakan Trigana Air dengan transit di Manado.

Untuk diketahui, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan Polri membantu KPK selama penanganan Gubernur Papua Lukas Enembe. Upaya itu, kata dia, dilakukan jika KPK meminta.

KPK menangkap Gubernur Papua Lukas Enembe terkait kasus dugaan suap dan gratifikasi sejumlah proyek infrastruktur. Saat ini Lukas dibawa ke Jakarta untuk proses selanjutnya.

Sebelumnya, lembaga anti rasuah ini telah menetapkan Lukas sebagai tersangka kasus dugaan suap proyek infrastruktur. Lukas Enembe ditangkap saat tengah makan siang di daerah Kotaraja, Jayapura. Dia kemudian dibawa ke Mako Brimob Kotaraja Papuasinpo

Komentar: