Pergerakan Tanah di Jakarta, Pemprov DKI Imbau Warga Pantau Informasi BPBD

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 11 Januari 2023 | 15:51 WIB
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono/ SinPo.id/ Zikri Maulana
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono/ SinPo.id/ Zikri Maulana

SinPo.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengimbau masyarakat untuk selalu memantau informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI terkait pergerakan tanah yang terjadi di sejumlah wilayah di Jakarta.

Terdapat 15 wilayah yang berpotensi terjadi pergerakan tanah di Jakarta yang masuk kedalam zona menengah. Pergerakan tanah diperkirakan terjadi ketika curah hujan diatas normal.

"Masyarakat juga diimbau selalu membaca informasi-informasi yang disampaikan oleh BPBD DKI Jakarta termasuk juga BMKG selalu membaca. Sehingga bisa bersama-sama untuk melakukan aksi secepatnya," kata Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono kepada wartawan, Rabu, 11 Januari 2023.

Heru mengungkapkan, dengan selalu melihat himbauan dari badan kebencanaan tersebut, sehingga dapat mengantisipasi sewaktu-waktu terjadinya pergerakan tanah saat curah hujan tinggi.

"Iya imbauan kan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah sudah merilis diberitanya sudah ada imbauan-imbauan. Saya rasa bisa membaca disitu, cukup," ujarnya.

Selain itu, Heru menyebut Pemprov DKI juga akan melakukan relokasi terhadap warga yang wilayahnya terdampak pergerakan tanah jika diperlukan.

"Relokasi (warga)? Pasti ada," tandasnya.

Sebelumnya, BPBD DKI menghimbau warga Ibukota agar waspada terkait adanya potensi pergerakan tanah yang terjadi di sejumlah wilayah di Jakarta pada bulan Januari 2023.

Terdapat 15 wilayah yang berpotensi terjadi gerakan tanah yang masuk kedalam zona menengah. Pergerakan tanah diperkirakan terjadi ketika curah hujan di atas normal.

Berdasarkan data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), beberapa daerah di Provinsi DKI Jakarta yang berada di Zona menengah, yaitu :


1. Jakarta Pusat
- Kecamatan Menteng.

2. Jakarta Selatan

- Kecamatan Cilandak; Jagakarsa; Kebayoran Baru; Kebayoran Lama; Mampang Prapatan; Pancoran; Pasar Minggu; Pesanggrahan; dan Tebet.

3. Jakarta Timur

- Kecamatan Cakung; Keramat Jati; Matraman; Pasar Rebo; dan Pulo Gadung.
 sinpo

Komentar: