Sekber Gerindra-PKB, Langkah Nyata Dua Partai Mantapkan Koalisi

Laporan: Sinpo
Kamis, 12 Januari 2023 | 09:41 WIB
Muhaimin Iskandar dan Sufmi Dasco Ahmad/ SinPo.id
Muhaimin Iskandar dan Sufmi Dasco Ahmad/ SinPo.id

SinPo.id - PKB dan Partai Gerindra akan segera meresmikan sekretariat bersama (Sekber). Baik Gerindra dan PKB tengah menyatukan pandangan terkait capres dan cawapres yang bakal diusung pada pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro mengatakan, pembentukan Sekber merupakan langkah nyata makin solidnya koalisi yang dibangun Partai Gerindra dan PKB.

"Pembentukan sekretariat bersama dari Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa merupakan ikhtiar politik kedua partai politik tersebut, untuk semakin memantapkan langkah menuju pemilihan Presiden tahun 2024," ujar Bawono dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 12 Januari 2023.

Pembentukan sekber, kata Bawono, juga akan memudahkan langkah politik yang akan ditempuh kedua partai. Sebagai koalisi, langkah yang selaras harus diambil kedua partai.

"Pembentukan sekretariat bersama boleh jadi juga ditujukan untuk mulai menggaungkan secara lebih luas gagasan duet Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar sebagai pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, yang akan diusung oleh koalisi kedua partai politik itu," paparnya.

Dengan pembentukan sekber, sambung Bawono, maka kerja sama kedua partai akan lebih efektif. Sehingga hasilnya akan menjadi maksimal.

"Pembentukan sekretariat bersama tersebut juga dapat dilihat sebagai cara agar kerja sama politik kedua partai politik lebih terkonsolidasi dengan baik ke depan hingga hari H pemilihan Presiden," ucapnya.sinpo

Komentar: