Survei LSN: Ketidakpastian Koalisi Bikin Suara Anies Baswedan Diam di Tempat

Laporan: Sinpo
Sabtu, 14 Januari 2023 | 19:54 WIB
Anies Baswedan di KPK/ SinPo.id/ Khaerul Anam
Anies Baswedan di KPK/ SinPo.id/ Khaerul Anam

SinPo.id - Lembaga Survei Nasional (LSN) menyebut faktor kisruh internal antara elite partai Nasdem dan Demokrat terkait calon wakil presiden (Cawapres) jadi penyebab suara kandidat calon presiden (Capres) Anies Baswedan diam di tempat atau stagnan. 

"Melalui analisis temuan media monitoring ada beberapa faktor penyebab suara Anies stagnan di pulau Jawa diantaranya kisruh internal elit partai (Nasdem dan Demokrat) terkait siapa cawapres untuk Anies," kata Direktur Eksekutif LSN Gema N Bakry, dalam konferensi pers virtual, Sabtu, 14 Januari 2023.

Selain itu, kata Gema, ada faktor lain yang membuat suara Anies tak berkembang. Salah satunya yaitu menurunnya intensitas eksposure Anies di media sosial dan media mainstream. 

"Sehingga publik mempertanyakan keseriusan Anies untuk maju dalam Pilpres mendatang," ujar Gema. 

Survei terbaru LSN menempatkan posisi suara Anies Baswedan paling bontot di Provinsi Jawa Timur dengan 13,5% jauh berbanding terbalik dengan dua pesaingnya Prabowo Subianto yang mendapat 42,1 persen dan Ganjar Pranowo dengan 41,9 persen. 

Sementara itu di Provinsi Jawa Barat suara Anies juga stagnan di 24,8 persen tertinggal dari Prabowo Subianto 58,4 persen, namun tetap unggul di atas Ganjar Pranowo 13,2 persen.sinpo

Komentar: