LSN: Bukan Cuma Jabar, Suara Pak Bowo Juga Menguat di Jatim

Laporan: Bayu Primanda
Minggu, 15 Januari 2023 | 10:13 WIB
Prabowo Subianto/SinPo.id
Prabowo Subianto/SinPo.id

SinPo.id -  Lembaga Survei Nasional (LSN) merilis hasil surveinya terkait kandidat calon presiden 2024. Dalam survei tersebut,  peta sebaran pemilih antar kandidat tiga sosok terkuat yakni Prabowo Subianto, Anies Bawedan dan Ganjar Pranowo semakin terbaca.

“Pertempuran paling sengit, yakni di Pulau Jawa. Salah satu temuan LSN yang menarik dari survei kali ini adalah bahwa Jawa Barat masih dikuasai Prabowo Subianto. Jika Pilpres dilaksanakan saat ini,” kata Peneliti Senior LSN, Gema Nusantara saat jumpa pers daring hasil survei terbarunya, Sabtu, 14 Januari 2023.

Gema melihat, dari tren hasil survei yang dilakukan LSN pada tanggal 2 sampai dengan 11 Januari 2023 di seluruh provinsi yang berada di Pulau Jawa yaitu Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Timur, dipastikan Prabowo masih akan tetap juara di Jawa Barat seperti pada dua Pilpres sebelumnya.

“Sebanyak 58,4 persen responden di Jawa Barat mengaku akan memilih Prabowo Subianto dalam simulasi tiga capres. Anies Baswedan di Jawa Barat hanya mendapat suara oleh 24,8 persen responden. Sedangkan Ganjar Pranowo di Jawa Barat hanya didukung oleh 13,2 persen responden, sisanya (3,6 persen) belum punya pilihan (undecided),” ungkap Gema.

Selain di Jawa Barat, Prabowo Subianto juga mencatatkan kemenangan di Provinsi Banten. Prabowo unggul atas Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo dalam simulasi tiga nama capres. 

“Tercatat, Prabowo mengantongi 48,6 persen suara responden. Kemudian sebanyak 29,7 persen responden menjatuhkan pilihannya pada Anies Baswedan dan 18,9 persen mengaku akan memilih Ganjar Pranowo. Sementara sebanyak 2,8 persen responden mengaku belum punya pilihan (undecided),” tutur Gema.

Seperti pada dua Pilpres sebelumnya, Provinsi Jawa Timur nampaknya tetap akan menjadi medan pertempuran (battleground) paling ketat dari para kandidat capres, terutama antara Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Berkaca, pada semua Pilpres sebelumnya, capres yang bisa menguasai Jawa Timur selalu memenangkan kontestasi. 

“Berdasarkan hasil survei LSN, jika Pilpres hanya diikuti tiga capres maka Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo bersaing ketat menjadi pemenang. Sebanyak 42,1 persen responden mengaku akan memilih Prabowo, sementara Ganjar dipilih oleh 41,9 persen responden. Sebanyak 13,5 persen responden menjatuhkan pilihannya pada Anies Baswedan, sedangkan 2,3 persen sisanya belum memiliki pilihan (undecided),” ucap dia.

Sebagai informasi, responden Survei LSN adalah seluruh penduduk yang berusia 17 tahun ke atas atau belum 17 tahun tapi sudah menikah.

Total sampel sebesar 1.200 responden diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertahap (multi-state random sampling). 

Batas kesalahan (margin of error)+/- 2,83 persen  dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan responden, dilaksanakan oleh tenaga terlatih di 6 (enam) provinsi dengan pedoman kuesioner.


sinpo

Komentar: