TESS NASA Temukan Planet Mirip Bumi di Luar Tata Surya

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 15 Januari 2023 | 12:21 WIB
Bentuk planet yang mirip Bumi/NASA

SinPo.id -  Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) NASA menemukan keberadaan planet yang mirip dengan bumi di luar tata surya, dan dipastikan mengorbit zona layak huni. Planet tersebut diberi nama TESS Object of Interest (TOI) 700 e.

Planet yang memiliki perairan cukup luas tersebut, dianggap sebagai planet yang tepat cocok untuk kehidupan seperti di bumi, dengan suhu yang pas. Terlalu hangat untuk diselimuti es, namun masih cukup dingin untuk mengembunkan uap.

"Ini adalah salah satu dari sedikit sistem dengan banyak planet kecil, di zona layak huni yang kita ketahui," kata ilmuwan planet dari NASA Jet Propulsion Laboratory (JPL) di California, Emily Gilbert, dilansir dari Forbes, Minggu 15 Januari 2023.

TOI 700 e membutuhkan 28 hari untuk melakukan satu orbit, sedangkan TOI 700 d, yang sedikit lebih jauh, membutuhkan 37 hari.

Dikarenakan TOI 700 e lebih kecil dari TOI 700 d, maka dibutuhkan lebih banyak data untuk mengkonfirmasi bahwa siluet tersebut benar-benar mewakili planet baru.

"Bahkan dengan lebih dari 5.000 exoplanet yang ditemukan hingga saat ini, TOI 700 e adalah contoh utama yang masih harus kita pelajari," kata astronom dari Michigan State University, Joey Rodriguez.
sinpo