Pemprov DKI Kebut Proyek Sodetan Kali Ciliwung Untuk Atasi Banjir Ibukota

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 15 Januari 2023 | 12:24 WIB
Ilustrasi/pixabay
Ilustrasi/pixabay

SinPo.id -  Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus mengkebut pembangunan sodetan Kali Ciliwung yang berlokasi di Jakarta Timur.

Salah satu proyek normalisasi sungai di Ibukota ini diharapkan beroperasi pada Maret 2023 nanti.

Oleh sebab itu, Pemprov DKI memerlukan dukungan dari masyarakat mengingat dalam proses pengerjaannya ada warga yang terdampak dan harus direlokasi.

"Jakarta Timur memberikan tempat yang layak untuk warga yang terdampak. Perlu bantuan Pak Wali Kota. Dan kita semua harus bergotong-royong," kata Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono dalam keterangannya, dikutip, Minggu, 15 Januari 2023.

Pemprov DKI juga meminta seluruh ketua Rukun Warga (RW) di Jakarta Timur untuk mendukung program Pemprov DKI, termasuk penanggulangan banjir.

Apalagi, lanjut Heru, Sodetan Ciliwung merupakan bagian dari Program Strategis Nasional untuk menghalau banjir di Ibukota.

"Kalau enggak bekerja sama, di posisi 10 tahun ke depan penurunan tanah akan terus berlangsung dan tidak bisa menyelesaikan masalah banjir," ujar Heru.

Heru menyebut normalisai aliran sungai merupakan program berkelanjutan setiap gubernur yang memimpin DKI Jakarta. Selain itu, normalisasi diklaim sebagai bagian upaya pencegahan bencana jangka panjang.

"Ini demi warga Jakarta untuk 50 tahun dan 100 tahun ke depan," tandasnya.sinpo

Komentar: