Soal Praktik Joki di Rekrutmen BUMN, Erick Thohir: Perbuatan Tak Terpuji

Laporan: Sinpo
Senin, 16 Januari 2023 | 22:38 WIB
BUMN/Net
BUMN/Net

SinPo.id -  Menteri BUMN, Erick Thohir, akan menindak praktik joki dalam proses rekrutmen bersama BUMN. Dia mengaku telah menerima laporan terkait kecurangan saat mengerjakan soal ujian. 

"Ini perbuatan tidak terpuji. Saya minta mereka yang terbukti curang berdasarkan tangkapan sistem informasi teknologi digital Kementerian BUMN untuk ditindak tegas," kata dia dalam keterangannya pada Senin 16 Januari 2023. 

Erick Thohir meminta Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata untuk melakukan investigasi.

Menurut dia, jika terbukti tindakan itu melanggar hukum, maka jangan segan melaporkannya ke penegak hukum. 

"Jika terbukti bersalah yang bersangkutan akan kami blacklist di BUMN," ujarnya.

Menurut dia, tantangan global perlu dihadapi oleh generasi muda yang mau bekerja keras serta dipandu dengan kejujuran. Para peserta umumnya masih generasi muda seharusnya menanamkan sikap jujur dan amanah sejak awal. 

Dia menambahkan praktik curang merupakan benih sikap buruk dan tak sejalan dengan nilai agama dan budaya serta merusak pembangunan karakter bangsa.

"Mereka yang curang sudah gagal di tahap paling awal. Semoga mereka tidak mengulangi lagi perbuatannya kelak di manapun juga," tambahnyasinpo

Komentar: