Australia Terbuka Larang Bendera Rusia dan Belarus Ada di Tribun

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 17 Januari 2023 | 12:33 WIB
Salah satu pertandingan di ajang Australia Terbuka/Twitter
Salah satu pertandingan di ajang Australia Terbuka/Twitter

SinPo.id -  Kejuaraan Australia Terbuka di Melbourne Park, melarang adanya bendera Rusia di tribun, setelah bendera bercorak merah, putih, dan biru tersebut terlihat di antara kerumunan selama pertandingan putaran pertama.

Tennis Australia (TA) mengatakan pertandingan antara Baindl dari Ukraina dan Kamilla Rakhimova dari Rusia, telah mendorong perubahan kebijakannya di turnamen tersebut. Pasalnya, bendera Rusia terlihat tergantung di pagar tribun selama pertandingan.

"Bendera dari Rusia dan Belarus dilarang di Kejuaraan Australia Terbuka. Kami akan terus bekerja dengan para pemain dan penggemar kami untuk memastikan lingkungan terbaik dalam menikmati tenis," kata TA dalam sebuah pernyataan, dilansir dari ABC, Selasa 17 Januari 2023.

Berdasarkan peraturan yang ada, Rusia dan Belarusia belum dapat bermain di bawah bendera negara mereka dalam sejumlah cabang olahraga, termasuk tenis, sejak invasi Rusia ke Ukraina dimulai pada Februari tahun lalu.

Sementara Belarus telah digunakan sebagai tempat pementasan utama untuk perang Rusia di Ukraina. Bahkan kedua negara telah berencana untuk menjalani latihan militer bersama.

Duta Besar Ukraina untuk Australia dan Selandia Baru yang melihat bendera tersebut tergantung, langsung meminta Tennis Australia agar segera mengambil tindakan tegas. Pernyataan itu juga didukung oleh Mantan duta besar Australia untuk Ukraina, Doug Trappett.sinpo

Komentar: