Geledah DPRD DKI Jakarta, KPK Amankan Bukti Dalam Koper Berwarna Hitam dan Merah

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 17 Januari 2023 | 21:34 WIB
Penggeledahan KPK di gedung DPRD DKI/ SinPo.id/ Khaerul Anam
Penggeledahan KPK di gedung DPRD DKI/ SinPo.id/ Khaerul Anam

SinPo.id - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) selesai menggeledah gedung DPRD DKI Jakarta di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa, 17 Januari 2023.

Penggeledahan yang dilakukan KPK itu terkait pengumpulan alat bukti tambahan pada dugaan korupsi pengadaan tanah di Pulogebang.

Pantauan wartawan di lokasi, penyidik lembaga antirasuah keluar gedung DPRD DKI pada pukul 20.55 WIB. Tim KPK membawa koper berwarna hitam dan merah dari hasil penggeledahan yang dilakukan.

Tim KPK membawa tambahan barang bukti dugaan rasuah tersebut menggunakan enam mobil minibus yang sudah terparkir di depan gedung DPRD DKI sejak sore.

Awak media yang meliput sempat kucing-kucingan dengan tim KPK telah menunggu hasil penggeledahan yang dilakukan selama hampir lima jam tersebut.

Seperti diketahui, KPK menyebut penggeledahan yang dilakukan di gedung DPRD DKI dalam rangka pengumpulan alat bukti dugaan korupsi pengadaan tanah di Pulogebang.

Hal itu diungkapkan Juru Bicara Bidang Penindakan dan Kelembagaan KPK Ali Fikri saat mengkonfirmasi penggeledahan di gedung DPRD DKI Jakarta.

"Benar ada kegiatan penggeledahan dimaksud terkait pengumpulan alat bukti dugaan korupsi pengadaan tanah di Pulogebang," ujar Ali menjelaskan.

Sebagai informasi, saat ini KPK sedang melakukan penyidikan dugaaan korupsi pengadaan tanah oleh perusahaan Perumahan Daerah (Perumda) Sarana Jaya di kelurahan Pulo Gebang, kecamatan Cakung, Jakarta Timur tahun 2018-2019.

Sejauh ini lembaga antirasuah masih mengumpulkan alat bukti terkait dugaan korupsi yang dilakukan perusahaan BUMD DKI Jakarta tersebut.

Namun begitu, KPK masih belum dapat menyampaikan pihak-pihak yang ditetapkan sebagai tersangka dan uraian dugaan tindak pidana yang terjadi.sinpo

Komentar: