Indonesia 'Supermarket' Bencana, DPR Minta Semua Pihak Waspada

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 18 Januari 2023 | 17:10 WIB
Ilustrasi cuaca buruk (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi cuaca buruk (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Anggota Komisi VIII DPR RI Selly Andriany Gantina menyebut Indonesia sebagai 'supermarket' bencana alam. Hampir seluruh bencana alam dari mulai Tsunami, longsor, gempa bumi, hingga banjir pernah terjadi di Tanah Air.

"Jadi Indonesia inikan supermarket bencana karena Indonesia ini memiliki ragam kebencanaan dari tsunami, gempa bumi, banjir, abrasi, dan lainnya," kata Selly kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 18 Januari 2023.

Selly menyatakan eksekutif dan legislatif memiliki pekerjaan rumah untuk mengantisipasi hal tersebut. Antisipasi bahkan harus menjadi prioritas bersama agar masyarakat menjadi semakin waspada terhadap bencana.

"Misalnya, masyarakat yang berada di sekitar pesisir dan pegunungan tentu hal tersebut penting untuk keselamatan masyarakat itu sendiri," kata Selly menambahkan.

Politikus PDIP itu mengatakan kolaborasi antara berbagai pihak perlu dilakukan dengan tujuan keselamatan masyarakat bisa terjamin oleh negara. Menurut dia, tugas BNPB adalah secara aktif untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat yang berada di daerah rawan bencana.

"Jadi Komisi VIII dan BNPB ini berkolaborasi untuk upaya meminimalisir terjadinya bencana," kata Selly menjelaskan.

Ia tak memungkiri bencana alam tidak bisa diprediksi. Namun, tentu antisipasi pada bencana tersebut perlu digalakkan. Dia berharap anggaran yang tersedia untuk penanggulangan bencana alam perlu dimaksimalkan oleh pihak terkait.

"Anggaran untuk sosialisasi tentu perlu dimaksimalkan dan komunikasi antara berbagai sektor perlu untuk dilakukan," katanya.sinpo

Komentar: