Ridwan Kamil Resmi Jadi Kader Golkar

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 18 Januari 2023 | 20:32 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan resmi menjadi Kader Partai Golkar Jawa Barat (Ashar/SinPo.id)
Gubernur Jawa Barat Ridwan resmi menjadi Kader Partai Golkar Jawa Barat (Ashar/SinPo.id)

SinPo.id -  Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil resmi menjadi kader baru Partai Golkar yang ditandai dengan penyerahan KTA dan pemakaian jas berwarna kuning.

"Pertemuan sore hari ini menjadi istimewa karena secara resmi Pak Ridwan Kamil masuk ke Partai Golkar,” kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu, 18 Januari 2023.

Airlangga mengakui pembahasan agar Ridwan Kamil bergabung ke Golkar memerlukan waktu lama. Ridwan Kamil bahkan lebih dulu bergabung ke Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro) sebelum akhirnya menjadi kader Golkar.

" Jadi masuknya Pak Ridwan Kamil secara bertahap melalui ormas dan langsung di Golkar," kata Airlangga menjelaskan.

Menurut dia, Ridwan Kamil akan mendapat tugas penting dari Golkar. Salah satunya, menggalang pemilih dan memenangkan Pemilu 2024.

"Karena itu penting pemilu tinggal satu tahun," katanya.

Sementara Ridwan Kamil menjelaskan alasannya memilih Golkar. Di antaranya Golkar dinilainya kuat sebagai simbol partai tengah dan pancasilais.

"Partai yang terbuka sehingga ini yang menjadi sebuah minat saya," kata Ridwan Kamil.

Selain itu sejarah panjang Golkar yang menunjukkan institusi ini terhormat. Sehingga, besar kecilnya atau maju mundurnya bergantung pada individu-individu kader.

"Kalau Individu-individu ini berkualitas maka yang diuntungkan adalah Indonesia. Karena partai politik mengambil keputusan-keputusan yang menyangkut hajat hidup kita," katanya.

Factor lain yang mendorong Ridwan Kamil memutuskan bergabung Golkar adalah hubungan emosional dengan Airlangga. Dia mengaku memiliki hubungan komunikasi yang baik dengan pucuk pimpinan partai berlambang pohon beringin tersebut.sinpo

Komentar: