Siaga Banjir, BPBD DKI Siapkan 267 Tim Reaksi Cepat

Laporan: Sinpo
Sabtu, 21 Januari 2023 | 05:44 WIB
Ilustrasi Banjir/SinPo/Rahmat
Ilustrasi Banjir/SinPo/Rahmat

SinPo.id -  Kepala Satuan Pelaksana Pengolahan Data dan Informasi BPBD DKI Michael Sitanggang mengatakan BPBD DKI Jakarta menyiagakan 267 Tim Reaksi Cepat (TRC) di setiap kelurahan.
Langkah tersebut untuk mengantisipasi banjir sesuai peringatan dini dari BMKG.

"Sebagai upaya percepatan koordinasi dan penanganan bencana," ujar Michael Sitanggang pada Jumat 20 Januari 2023.

BPBD DKI Jakarta akan berkoordinasi dengan BNPB, BMKG, para Wali Kota/Bupati untuk menjalin kolaborasi dalam penanggulangan bencana. Kemudian juga memberikan informasi dinamika kondisi cuaca dan peringatan dini terkait kenaikan tinggi muka air melalui peringatan dini bencana (DEWS) dan informasi pesan singkat serta peringatan dini cuaca melalui website, media sosial, pesan aplikasi WhatsApp dan Telegram.

BPBD DKI Jakarta memastikan kesiapan posko penanganan bencana dan berbagai lokasi pengungsian termasuk kelengkapan pendukung yang ada di tingkat kota/kabupaten administrasi, kecamatan dan kelurahan untuk siaga dan diaktifkan ketika terjadi bencana.

"Kami juga distribusikan sarana dan prasarana pendukung penanganan banjir kepada setiap kelurahan yang berada di kawasan rawan banjir. Seperti perahu, ring buoys (ban pelampung), jaket pelampung dan lainnya," tuturnya.

BPBD DKI mengimbau masyarakat menyiapkan perlindungan khususnya yang akan beraktivitas di luar ruangan. Misalnya, membawa payung, jaket, topi, ataupun jas hujan. Berikutnya, bagi para pejalan kaki dan pengguna kendaraan agar menjauhi area sekitar saluran air atau gorong-gorong terbuka untuk menghindari terjadinya kejadian terperosok.sinpo

Komentar: