Pertolongan Pertama Jika Anak Mengalami Gangguan Kesehatan Akibat Ciki Ngebul

Laporan: Zikri Maulana
Sabtu, 21 Januari 2023 | 15:55 WIB
Ciki ngebul/ YouTube
Ciki ngebul/ YouTube

SinPo.id - Ciki ngebul atau ice smoke tengah menjadi sorotan belakangan ini. Pasalnya, camilan dengan sensasi mengeluarkan asap ketika dikonsumsi tersebut dianggap berbahaya. 

Sejumlah kasus dilaporkan terjadi pada anak di beberapa daerah, yang mengalami gangguan kesehatan setelah mengonsumsi ciki ngebul tersebut. Adapun gangguan kesehatan yang dialami mulai dari kulit melepuh, luka bakar hingga keracunan. 

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga telah meminta semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya konsumsi jajanan ice smoke atau ciki ngebul yang banyak dijual. Hal ini dilakukan untuk mencegah kasus keracunan pangan yang lebih parah akibat konsumsi nitrogen cair yang berlebihan. 

Mengutip Halodoc, masalah tersebut disebabkan oleh penggunaan nitrogen cair dengan titik beku maksimal pada ciki ngebul. Padahal, nitrogen cair yang tidak memenuhi standar food grade dan tidak ditangani dengan benar, tidak dapat dikonsumsi. 

Mengingat fenomena ini tengah ramai, penting untuk meningkatkan kesadaran terhadap konsumsinya. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah mengetahui pertolongan pertama yang dapat dilakukan. 

Khususnya jika ada orang di sekitarmu yang mengonsumsi ciki ngebul dan mengalami berbagai masalah kesehatan setelahnya. Pertolongan pertama ini tentunya dapat dilakukan sebelum korban mendapatkan pertolongan medis di rumah sakit. 

Berikut adalah beberapa langkah pertolongan pertama yang dapat dilakukan: 

1. Rendam dengan Air Hangat 

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan merendam kulit dengan air hangat. Hal ini dapat dilakukan apabila nitrogen cair dari ciki ngebul mengenai kulit. Penting untuk melakukannya agar kulit tidak melepuh atau terbakar akibat suhu nitrogen cair yang terlampau dingin. Pastikan juga anak segera berhenti mengonsumsi ciki ngebul setelahnya. 

2. Berikan Minum Air Putih 

Pertolongan selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan minum air putih kepada anak yang mengalami keracunan nitrogen. Namun, penting bagi orang tua untuk tidak memberikan susu. Sebab, susu dapat menyebabkan tekanan pada lambung. 

3. Jangan Paksa Anak untuk Muntah 

Penting untuk tidak memaksakan anak yang keracunan akibat ciki ngebul untuk memuntahkan makanan tersebut. Sebab, hal ini dapat membahayakan kondisi anak. Sebaiknya tunggu bantuan paramedis atau segeralah bawa anak ke Unit Gawat Darurat di rumah sakit terdekat. sinpo

Komentar: