Cegah Stunting pada Anak, Ini Pesan Menkes ke Pimpinan Daerah

Laporan: Zikri Maulana
Sabtu, 21 Januari 2023 | 15:34 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin/ SinPo.id/ Ashar SR
Menkes Budi Gunadi Sadikin/ SinPo.id/ Ashar SR

SinPo.id - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyampaikan kepada para pimpinan daerah, hal yang utama dilakukan untuk mencegah stunting adalah dengan intervensi spesifik pada ibu sejak remaja dan intervensi spesifik pada anak di usia 6 bulan sampai 24 bulan. 

''Stunting saya pesannya cuman dua yaitu intervensi spesifik pada ibu sejak remaja dengan memberikan tablet tambah darah dan pada anak usia 6 sampai 24 bulan dengan memberikan protein hewani pada MPASI,'' kata Budi dalam keterangannya, dikutip Sabtu 21 Januari 2023. 

Budi menjelaskan stunting merupakan kurang gizi yang mengakibatkan rendahnya IQ anak sebesar 20 persen di bawah rata-rata. Oleh karena itu menurutnya, jika dilihat dari sudut pandang pendapatan daerah, apabila SDM di suatu daerah memiliki IQ rendah maka pendapatan daerah akan rendah juga. 

Pasalnya kata dia, jika seseorang dengan intelektual rendah maka dia tidak bisa bekerja dengan profesi yang lebih tinggi yang menghasilkan income yang juga lebih tinggi. 

''Jadi kalau kita mau maju, pendapatannya tinggi, jangan sampai stunting. Karena kalau stunting itu intelektualnya 20 persen lebih rendah,'' kata Budi. 

Ia menambahkan, yang paling penting dalam mencegah stunting adalah adanya intervensi spesifik, supaya jangan sampai ada ibu di usia remaja mengalami anemia. 

"Intervensinya dengan memberikan tablet tambah darah dan memastikan tablet tersebut diminum," ucapnya. 

Selain itu, lanjutnya, upaya lain yang juga penting, seperti dengan memberikan protein hewani melalui MPASI sejak anak usia 6 sampai 24 bulan. 

''Makanan tambahan ini saya sampaikan bukan biskuit tapi makan yang mengandung protein hewani bisa ikan, bisa ayam, bisa daging sapi, yang paling gampang adalah telur,'' katanya. 

Ia juga menekankan, jika anak sudah stunting maka itu sudah terlambat. Oleh karena itu, ia mengimbau untuk tidak menunggu sampai anak mengalami stunting. 

''Caranya adalah jika berat badan anak tidak naik maka harus langsung kirim ke Puskesmas untuk diintervensi dan diberi makanan tambahan selama 14 hari,'' tegasnya. sinpo

Komentar: