Penyambungan 10 Jalan di Ibu Kota, Bina Marga DKI: Dampaknya akan Luar Biasa

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 26 Januari 2023 | 18:53 WIB
Ilustrasi jalan raya/ Pixabay
Ilustrasi jalan raya/ Pixabay

SinPo.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menyambungkan jalan raya yang terputus untuk mengurai kemacetan di Ibu Kota. 

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan penyambungan ruas jalan akan berdampak luar biasa dari pada melakukan pelebaran jalan yang sudah ada.

"Daripada melebarkan dan buka jalan, kan pasti ada pembebasan lahan. Nah itu membutuhkan uang lagi. Mendingan saya bebasin, tinggal saya bebasin dikit tapi dampaknya luar biasa," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho kepada wartawan, Kamis 26 Januari 2023.

Hari menjelaskan, rencananya akan ada sepuluh ruas jalan yang akan dilakukan penyambungan di DKI Jakarta. 

Pertimbangan lainnya memilih melakukan penyambungan jalan yaitu sulitnya pembebasan lahan untuk memulai melakukan pelebaran ruas jalan.

"Saya mau lebarin jalan, butuh pembebasan lahan, banyak penolakan ternyata, akhirnya ini (penyambungan jalan)," ujarnya.

Dengan begitu, keputusan melakukan penyambungan beberapa jalan yang terputus dianggap lebih efesien dan efektif.

"Iya, lebih efektif missing link (penyambungan jalan) daripada melebarkan jalan," tandasnya.

Diperkirakan, proyek penyambungan jalan ini bisa mengurai kemacetan di Jakarta hingga 30 persen. Dengan adanya jalan yang tersambung itu, maka kapasitas jalan untuk menampung kendaraan bisa jadi lebih besar.sinpo

Komentar: