Di Hadapan Babinsa Semarang, Prabowo: Teritorial Ujung Tombak Pertahanan

Laporan: Bayu Primanda
Kamis, 26 Januari 2023 | 22:59 WIB
Prabowo bersama para Babinsa di Semarang/Tim Media
Prabowo bersama para Babinsa di Semarang/Tim Media

SinPo.id -  Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bertemu dengan 2 ribu Bintara Pembina Desa (Babinsa) TNI AD di wilayah Kodam IV/Diponegoro, Semarang dan menyerahkan 100 unit sepeda motor untuk mendukung tugas operasional mereka.

Dalam kesempatan pada Rabu, 25 Januari 2023 itu, Prabowo mengungkapkan langkah yang dilakukan dirinya dalam rangka memperkuat Komando Teritorial, yaitu dengan melengkapi kendaraan motor yang baru untuk semua prajurit Babinsa di Indonesia.

"Ini saya kejar terus pabrik-pabriknya, supaya secepatnya bisa kita bagikan ke seluruh Komando Rayon Militer (Koramil)," ungkapnya.

Prabowo pun kembali menegaskan petunjuk Presiden Joko Widodo untuk pemberdayaan kekuatan komando teritorial sebagai tulang punggung pertahanan negara.

"Pertahanan Indonesia adalah pertahanan keamanan rakyat semesta. Ini perintah UUD 1945. Karena inilah, kita berdiri dan kita bertahan sampai sekarang sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelasnya.

"Tidak bisa kita tanpa Angkatan Udara dan Angkatan Laut yang kuat. Tapi kita juga harus memperkuat komando teritorial. Karena, inti dari Sishankamrata wujudnya adalah komando teritorial mulai dari Pangdam, Danrem, Dandim, Danramil dan Babinsa. Ini yang merupakan tulang punggung pertahanan negara kita", ungkap Menhan Prabowo.

Menhan mengungkapkan kedepan semua Babinsa di seluruh Indonesia akan dilengkapi dengan sepeda motor yang baru untuk mendukung kemudahan mobilitas. Selain kendaraan, juga akan dilengkapi alat komunikasi yang seragam agar dapat saling berkomunikasi dengan baik.

Tunjangan tambahan untuk Babinsa

Tak hanya itu, langkah lainnya untuk memperkuat Komando Teritorial, yakni upaya Prabowo agar Babinsa mendapatkan dukungan tambahan tunjangan. Hal ini penting bagi kesejahteraan prajurit.

"Tunjangan seperti dukungan tunjangan operasi. Tergantung jenis Kodimnya," jelasnya.

Khususnya, lanjut Prabowo, penambahan dukungan tunjangan diupayakan untuk prajurit Babinsa di Kodim yang berada di sejumlah daerah rawan dengan kondisi yang berat.

"Tentunya akan ada penambahan dan perubahan. Jadi tidak akan seragam. Saya kira, saudara akan mengerti," ujarnya.

Pada akhir sambutannya, Prabowo pun tak lupa untuk selalu menyampaikan terima kasih kepada para prajurit Babinsa atas semangat dan dedikasinya sebagai ujung tombak pertahanan negara. Ia berpesan, agar para Babinsa harus mampu mengenal dan merebut hati rakyat.sinpo

Komentar: