Eskalasi Israel Meningkat, Menlu: Posisi Indonesia Tetap Dukung Palestina

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 30 Januari 2023 | 17:40 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi/ SinPo.id/ Ashar SR
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi/ SinPo.id/ Ashar SR

SinPo.id - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, mengatakan bahwa posisi Indonesia sudah sangat jelas di tengah eskalasi Israel terhadap Palestina yang telah meningkatkan ketegangan di Tepi Barat yang diduduki dan Yerusalem Timur.

"I think the position of Indonesia is very clear, the latest position of Indonesia, saya sampaikan di depan dewan keamanan PBB tanggal 18 Januari di dalam open debate di dewan keamanan PBB," kata Menlu, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 30 Januari 2023.

Menurutnya, sejauh ini Indonesia selalu konsisten untuk terus mendukung dan membela rakyat Palestina yang menjadi target kekerasan dari pasukan Israel.

"Jadi intinya when it comes to masalah Palestina, posisi Indonesia konsisten, crystal clear bahwa kita akan tetap mendukung perjuangan bangsa Palestina," ungkapnya.

Sebelumnya, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, bahkan telah untuk mempermudah warga Israel memperoleh senjata api, yang dikhawatirkan akan meningkatkan kekerasan terhadap warga Palestina.

Terlebih Menurut kementerian kesehatan Otoritas Palestina, sekitar 32 warga Palestina telah tewas bulan ini, dan lebih dari 200 orang tewas pada tahun 2022. PBB menyebutnya sebagai tahun paling mematikan bagi warga Palestina selama 16 tahun.sinpo

Komentar: